Dua Gol Lilipaly Akhiri Rekor Tak Terkalahkan Tira Persikabo di Liga 1 2019

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Dua Gol Lilipaly Akhiri Rekor Tak Terkalahkan Tira Persikabo di Liga 1 2019
Sejumlah pesepak bola Bali United melakukan selebrasi setelah mengalahkan Tira Persikabo dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019). Tira Persikabo kalah dengan skor 1-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.

Bali United beranjak ke puncak klasemen sementara Liga 1 2019.

Suara.com - Setelah melalui 13 pekan tanpa menelan kekalahan, catatan apik Tira-Persikabo berakhir di pekan ke-14 Liga 1 2019. Menjamu Bali United di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Kamis (15/8/2019), Tira-Persikabo menelan kekalahan pertama mereka dengan skor 1-2.

Dua gol kemenangan Bali United dicetak oleh Stefano Lilipaly. Sedangkan satu gol balasan Tira-Persikabo dibukukan oleh Muhammad Abduh Lestaluhu.

Kekalahan tersebut sekaligus menggeser posisi Tira-Persikabo darii puncak klasemen sementara Liga 1 2019. Tetap mengantongi 29 poin dari 14 laga, tim besutan Rahmad Darmawan kini menempati posisi dua. Sedangkan Bali United yang mendapat tambahan tiga poin pekan ini, beranjak ke puncak klasemen dengan 31 poin dari 13 laga.

Jalannya pertandingan

Pertandingan berjalan sangat menarik sejak menit awal. Tira-Persikabo selaku tuan rumah mengambil inisiatif menyerang lebih dulu.

Namun, serangan-serangan yang dibuat oleh Ciro Alves dan kawan-kawan masih mampu dipatahkan oleh bek Bali United. Asik menyerang, Tira-Persikabo justru kecolongan.

Memanfaatkan serangan balik, Ilija Spasojevic berlari kencang hingga ke depan gawang Tira-Persikabo. Tidak mau ambil risiko, Spasojevic melepaskan umpan manis ke Stefano Lilipaly.

Dengan tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti, Lilipaly menjebol gawang Angga Saputra di menit 11. Bali United unggul 0-1.

Tertinggal satu gol, Tira-Persikabo langsung bereaksi dan menggedor pertahanan Bali United berulang kali. Namun Willian Pacheco bermain sangat apik di lini belakang yang membuat Wawan Febriyanto kesulitan menembus.

Pesepak bola Tira Persikabo Khursed Beknazarov (tengah) melakukan serangan ke lini pertahanan Bali United dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019). Tira Persikabo kalah dengan skor 1-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc
Pesepak bola Tira Persikabo Khursed Beknazarov (tengah) melakukan serangan ke lini pertahanan Bali United dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019). Tira Persikabo kalah dengan skor 1-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc

Memasuki menit 20, Bali United hampir menggandakan keunggulan lewat sepakan penjuru. Sayang sundulan Melvin Platje melayang di atas mistar gawang Tira-Persikabo.

Tira-Persikabo hampir bisa menyamakan kedudukan pada menit 25 setelah Manahati Leshusen mengirimkan umpan melalui tendangan bebas. Lagi-lagi lini belakang Serdadu Tridatu berhasil menggagalkan peluang tersebut.

Tira-Persikabo masih terus menggempur pertahanan Bali United hingga menit 33. Bali United yang bermain penuh disiplin dan kesabaran hanya menyisakan Spasojevic seorang di tengah lapangan untuk menunggu momentum serangan balik.

Strategi yang dilakukan oleh Bali United cukup efektif. Beberapa kali serangan balik tersebut berhasil membahayakan gawang Angga Saputra, meski belum ada gol tambahan.

Tira-Persikabo masih mendominasi di babak pertama. Sayang tim asuhan Rahmad Darmawan belum bisa mencetak gol hingga babak pertama selesai. Bali United unggul satu gol di babak pertama.

Di awal babak kedua, tepatnya di menit 50, Bali United hampir saja menggandakan keunggulan. Sayang tendangan Paulo Sergio masih membentur tiang gawang.

Di menit ke-55, Ciro Alves kembali menunjukkan kualitasnya. Pemain asal Brasil tersebut berhasil melewati tiga pemain Bali United seorang diri.

Sayang, Ciro terjatuh di dalam kotak penalti setelah dijegal oleh Willian Pacheco. Namun, hal itu tidak dilihan wasit sebagai sebuah pelanggaran. Tak ada penalti buat tuan rumah.

Lagi, aksi Ciro Alves hampir saja mengubah kedudukan di menit 65. Ciro yang berhasil melewati pemain belakang melesatkan umpan mendatar ke arah Lloris Arnaud. Sayang, tendangan Lloris melambung di atas mistar gawang.

Tira-Persikabo terus-menerus menekan lini bertahan Bali United. Hingga menit 73, hampir seluruh pemain Bali United berada di daerah pertahanan untuk menjaga aksi Ciro Alves dan kawan-kawan.

Gol yang ditunggu-tunggu oleh Tira-Persikabo akhirnya tercipta pada menit 74. Muhammad Abduh Lestaluhu berhasil menciptakan gol indah.

Abduh mencip bola dari sudut sempit gawang Bali United yang tak mampu diantisipasi oleh Wawan Hendrawan. Skor berubah 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan, Tira-Persikabo tidak mengendurkan serangan. Menit 78, Laskar Pajajaran kembali mendapat peluang. Sayang tendangan keras Wawan hanya melambung di atas mistar gawang.

Lilipaly kembali berhasil menjebol gawang Tira-Persikabo pada menit 82. Memanfaatkan skema serangan balik, mantan pemain Persija Jakarta itu melepaskan tendangan keras jarak jauh yang tak mampu diantisipasi oleh penjaga gawang Tira-Persikabo. Skor 1-2 untuk kemenangan Bali United bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Susunan pemain:

Tira-Persikabo (4-3-3): Angga Saputra; Andy Setyo, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu, Rifad Marasabessy; Ciro Alves, Manahati Lestusen, Parfait Eloumou (Guntur Triaji 57'); Roni Sugeng(Sansan Fauji 83'), Loris Arnaud, Wawan Febriyanto (Rian Kurnia 88')

Pelatih: Rahmad Darmawan (Indonesia)

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan; Dias Angga, Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin (Michael Orah 75'), Willian Pacheco; Brwa Nouri, Fadil Sousu, Paulo Sergio; Melvin Platje, Ilija Spasojevic (Fahmi Al Ayyubi 71'), Stefano Lilipaly

Pelatih: Stefano Cugurra Teco (Brasil)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS