Hariono Dihukum Komdis PSSI, Pelatih Persib Bandung Kelimpungan

Rully Fauzi | Rully Fauzi
Hariono Dihukum Komdis PSSI, Pelatih Persib Bandung Kelimpungan
Pelatih kepala Persib Bandung, Robert Alberts. [Suara.com/Aminuddin]

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengaku bingung dengan keputusan Komdis PSSI.

Suara.com - Pelatih kepala Persib Bandung, Robert Alberts mengaku bingung dengan keputusan Komisi Disiplin alias Komdis PSSI yang memberikan hukuman tambahan kepada gelandang andalannya, Hariono.

Komdis PSSI menggelar sidang pada Selasa (20/8/2019) lalu, dan pada hari ini, diumumkan jika Hariono dijatuhi larangan bermain sebanyak satu pertandingan.

Itu usai gelandang Persib berusia 33 tahun itu dianggap melakukan tindakan tak sportif kepada penyerang Borneo FC, Matias Conti saat kedua kesebelasan bentrok dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (14/8/2019) lalu.

"Ini sangat membingungkan," ucap Robert mengomentari hukuman yang diterima Hariono, usai melatih skuat Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Kamis (22/8/2019).

Robert merasa bingung karena PSSI harus menghukum Hariono dua kali. Padahal, akibat pelanggaran Hariono di laga kontra Borneo itu, Persib sudah dihukum dengan tendangan penalti dan sang pemain juga mendapat kartu kuning.

"Itu membingungkan bagi semua yang terlibat di sepakbola. Mendapat hukuman tambahan padahal kami juga sudah dihukum dengan mendapat penalti," ketus pelatih berusia 64 tahun asal Belanda itu.

Hariono sendiri dipastikan takkan main di laga pekan ke-16 Liga 1 2019, saat Persib melawat ke markas Perseru Badak Lampung FC, Minggu (25/8/2019) nanti.

Robert meyakini tidak akan mudah bagi Persib untuk membawa kemenangan dari kandang Badak Lampung. Pasalnya, kata dia, sangat banyak pemain Persib yang bakal absen dalam laga nanti.

"Seperti saya katakan sebelumnya, ini tidak akan mudah karena Frets (Butuan) dipanggil untuk turnamen di kesatuan (TNI), Febri (Hariyadi) ke tim nasional (Indonesia), (Gian) Zola ada kesibukan dengan kepolisian dan juga Ezechiel (N'Douassel) terkena hukuman. Lalu ditambah sekarang Hariono menerima skorsing juga," keluh Robert.

Robert pun mengaku akan melakukan perubahan signifikan terkait susunan pemain yang akan ia turunkan dalam pertandingan nanti.

Skuat Maung Bandung --julukan Persib-- sendiri akan berangkat ke Lampung pada Jumat (23/8/2019) besok. Ada 18 pemain yang diboyong Robert dalam lawatan ke markas Badak Lampung.

"Kami harus keluar dari situasi sulit dengan memobilisasi tim ini dan kami harus memastikan tim ini lebih tangguh lagi. Ini tidak akan mudah, tapi kami harus melakukan itu," tukas Robert.

Persib saat ini masih tertahan di peringkat ke-11 klasemen sementara Liga 1 2019 dengan raihan 15 poin dari 15 laga yang telah dilalui.

Hariono dan kolega sendiri sudah gagal merasakan indahnya kemenangan dalam enam laga terakhir mereka. Maung Bandung tercatat kalah empat kali dan imbang dua kali dalam enam laga pamungkas mereka.

Kontributor : Aminuddin

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS