Manuel Neuer Siap Gantung Sepatu Lebih Cepat, Jika...

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Manuel Neuer Siap Gantung Sepatu Lebih Cepat, Jika...
Manuel Neuer. (Shutterstock)

Neuer tercatat mengoleksi 89 caps bersama Timnas Jerman. Dia juga telah mengawal 341 laga dan mengoleksi 177 clean sheet di Bayern Munich.

Suara.com - Di usianya yang sudah mencapai 33 tahun, kiper Bayern Munich, Manuel Neuer mengaku masih siap untuk mengawal gawang Timnas Jerman maupun klub. Meski begitu ia pun mengaku siap untuk pensiun. 

Neuer harus bertarung dengan cedera yang dia alami pada musim 2017/18 lalu. Kendati begitu, eks kiper Schalke ini tetap menjadi pilihan utama pelatih Timnas Jerman, Joachim Low sebagai kiper utama timnas. Neuer saat ini fokus mengawal Jerman di kualifikasi Piala Eropa 2020.

Mendekati usia pensiun pemain sepak bola (35 tahun), Neuer buka suara. Hal itu menyusul kabar jika sang kiper bakal didepak Bayern Munich dan digantikan dengan penjaga gawang Schalke, Alexander Nubel. Neuer mengatakan saat ini masih dibutuhkan tim dan akan pensiun lebih cepat jika memang dirinya tak dibutuhkan lagi.

"Jika Anda tak lagi dibutuhkan dan merasakannya, itu adalah hal tersulit untuk bangkit dan kerap menjadi pikiran Anda setiap hari. Jika pengalaman Anda dibutuhkan dan pemain juga membutuhkan Anda, hal tersebut harus berlanjut," ungkap dia dikutip dari Mirror, Senin (9/9/2019).

Para pemain Bayern Munich David Alaba (kiri), Manuel Neuer (tengah) dan Joshua Kimmich memberikan aplaus kepada suporter mereka setelah menahan imbang Liverpool dalam laga Liga Champions di Anfield. Christof STACHE / AFP
Para pemain Bayern Munich David Alaba (kiri), Manuel Neuer (tengah) dan Joshua Kimmich memberikan aplaus kepada suporter mereka setelah menahan imbang Liverpool dalam laga Liga Champions di Anfield. Christof STACHE / AFP

"Saya merasa sangat dibutuhkan di Timnas ini dan orang-orang senang jika saya di sini. Jadi jelas saya harus menunjukkan performa dengan baik (untuk klub dan negara)," jelasnya.

Meski dirumorkan akan menjadi kiper lapis dua di Bayern Munich, juara Piala Dunia 2014 tersebut meyakini jika klub masih membutuhkan servisnya.

"Saya mencintai olahraga ini. Hal itu membuat saya terkesan saat berada di kursi cadangan maupun saat dimainkan. Saya sudah 33 tahun tetapi jika saya berada di lapangan saya selalu merasa bisa memperbaiki performa."

"Hal itu sebagai tanda jika saya sangat berambisi untuk ada di dalam tim. Saya ingin terus bermain sepanjang badan saya bisa melakukannya. Saya menikmati dan saya (masih) dibutuhkan," klaim Neuer.

Terpisah, Neuer tercatat telah bermain bersama Timnas Jerman di 89 pertandingan.

Sementara saat berseragam Die Rotens, sang kiper telah mengawal 341 laga dan berhasil mengoleksi 177 clean sheet selama kariernya. Masa baktinya di Allianz Arena bakal berakhir hingga 2021 mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS