Lebih Dekat dengan Muhammad Rafid Habibie, Cucu Almarhum BJ Habibie

Rauhanda Riyantama
Lebih Dekat dengan Muhammad Rafid Habibie, Cucu Almarhum BJ Habibie
Cucu mantan Presiden RI ketiga, BJ Habibie, Muhammad Rafid Habibie (kanan) berpose bersama Indra Sjafri [Twitter@R_habibie]

Rafid Habibie memulai karier sepak bola di SSB Sam's Soccer Academy International (SSAI).

Suara.com - Nama Muhammad Rafid Habibie mendadak jadi perbincangan publik sepak bola Tanah Air. Sebab, ia adalah cucu dari almarhum Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie.

BJ Habibie sendiri telah wafat pada Rabu (11/9/2019) petang di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Bapak Teknologi Indonesia itu pergi di usia 83 tahun.

Sosok Rafid Habibie mungkin masih cukup awam di telinga para pecinta sepak bola. Sebab, kariernya belum secemerlang nama-nama tenar seperti Egy Maulana Vikri maupun Saddil Ramdani.

Rafid Habibie sejatinya memulai karier sepak bola di SSB Sam's Soccer Academy International (SSAI). Kemudian namanya mentas saat masuk dalam skuat Bali United asuhan Indra Sjafri pada ajang Trofeo Persija pada April 2016.

Kala itu, Rafid Habibie masih berusia 15 tahun. Setahun kemudian, ia membuat gempar karena masuk dalam daftar pemain yang dipanggil Indra Sjafri untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Piala AFF U-18 2017 di Myanmar.

Sayang, nama Rafid Habibie dicoret oleh Indra Sjafri. Ia dianggap kalah bersaing dari pemain lainnya yang dinilai lebih baik.

''Rafid Habibie saya coret karena kalah bersaing dengan rekan-rekan setimnya,'' kata Indra Sjafri kala itu.

Mochamad Rafid Habibie, cucu Presiden Ketiga RI B.J. Habibie yang tengah menjalani trial bersama klub Liga 1 Borneo FC. (ANTARA/HO/Borneo FC)
Mochamad Rafid Habibie, cucu Presiden Ketiga RI B.J. Habibie yang tengah menjalani trial bersama klub Liga 1 Borneo FC. (ANTARA/HO/Borneo FC)

Usai dicoret, Rafid Habibie lantas menjajal peruntungan di Eropa. Pemuda 19 tahun itu pernah menimba ilmu di klub ternama Portugal, Sporting Lisbon, hingga dua klub Italia, seperti Perugia dan Santarcangelo Calcio 1926.

Setelah kembali ke Indonesia, muncul kabar bahwa Rafid Habibie akan direkrut oleh Blitar Bandung United alias Persib B yang berlaga di Liga 2 2019 pada April lalu. Namun kesepakatan itu batal terjadi lantaran satu dan lain hal.

Dan terkini, Rafid Habibie sedang melakoni trial bersama klub Liga 1 2019, Borneo FC. Bahkan saat kabar duka itu datang, ia baru sehari mengikuti latihan skuat asuhan Mario Gomez dan Lapangan Kusuma Agrowisata, Malang, Jawa Timur.

Sebagai informasi, Rafid Habibie merupakan anak dari Rully Habibie, putra kandung adik BJ Habibie, Junus Effendi Habibie. Junus sendiri berkarier sebagai anggota milier, bahkan sempat juga menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris dan Belanda.

Sepeninggal JE Habibie, sang kakak, BJ Habibie kemudian mengambil alih peran kakek bagi Rafid Habibie. Keduanya pun dikenal memiliki hubungan yang sangat dekat.

Itu terbukti saat BJ Habibie mengundang Indra Sjafri datang ke kediamannya pada 2016. Pada kesempatan itu pula, Rafid Habibie turut hadir bersama Indra Sjafri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS