Teco: Pelatih Persija Berikutnya Harus Punya Karakter yang Kuat

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Teco: Pelatih Persija Berikutnya Harus Punya Karakter yang Kuat
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco (kanan). [Antara Foto]

Teco yang musim ini membesut Bali United, sukses membawa Persija Jakarta kampiun Liga 1 musim lalu.

Suara.com - Manajemen Persija Jakarta telah resmi mendepak Julio Banuelos dari jabatannya sebagai pelatih, Kamis (19/9/2019).

Pelatih Bali United yang notabene sukses membawa Persija juara Liga 1 musim lalu, Stefano Cugurra Teco pun memberikan tanggapannya soal pemecetan Banuelos.

Usai jadi kampiun musim lalu, Persija memang tampil buruk di sepanjang gelaran Liga 1 2019. 19 pekan telah berjalan, Persija saat ini masih terpuruk di peringkat ke-15 papan klasemen, hanya berjarak satu poin dari zona merah.

Banuelos sendiri bukan pelatih pertama yang didepak Persija musim ini. Di awal musim, Macan Kemayoran --julukan Persija-- mengakhiri kerja sama dengan Ivan Kolev lantaran start buruk.

Perihal situasi tak ideal di kubu mantan timnya, Teco berpendapat jika pelatih kepala Persija berikutnya harus memiliki karakter yang kuat.

Penyataan Teco ini bukan tanpa alasan. Pelatih asal Brasil tersebut pernah merasakan hal serupa saat di awal-awal menukangi Persija. 

Namun, Teco akhirnya bisa menjawab keraguan Jakmania dengan membawa Persija finis di papan atas klasemen Liga 1 2017 serta menjadi juara di Liga 1 2018.

"Yang penting, pelatih harus punya karakter kuat waktu dia pegang tim besar seperti Persija. Pelatih Persija berikutnya harus punya karakter yang kuat," tutur Teco.

"Waktu situasi tidak terlalu bagus, waktu hasil tak terlalu bagus, pasti tekanan datang dari suporter dan dari manajemen. Itu wajar terjadi di klub besar," sambung pelatih berusia 45 tahun itu. 

Lebih lanjut, Teco meyakini jika Banuelos sejatinya merupakan pelatih yang bagus. Pengalamannya sebagai asisten pelatih Timnas Senior Indonesia seharusnya jadi nilai plus untuk menukangi Persija. 

"Dia (Banuelos) sudah lebih dulu di Timnas Indonesia. Dia sudah tahu liga di Indonesia, dan dia tahu semua tim di sini. Jadi itu sebenarnya nilai plus. Saya sendiri yakin jika dia sebenarnya pelatih yang bagus," pungkas Teco. 

Dengan ditendangnya Banuelos, kini posisi pelatih kepala Persija masih kosong. Manajemen Persija untuk sementara menunjuk asisten pelatih Mustaqim atau Sudirman sebagai caretaker.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS