Mulai 2020 hingga 2022, Piala Super Eropa akan Digelar di Arab Saudi

Rauhanda Riyantama
Mulai 2020 hingga 2022, Piala Super Eropa akan Digelar di Arab Saudi
Bintang Barcelona Lionel Messi mengangkat trofi Piala Super Spanyol. (PAU BARRENA / AFP)

Menurut RFEF, keputusan ini diambil demi menyukseskan ambisi Negeri Matador untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Suara.com - Format baru akan dipakai pada gelaran Piala Super Spanyol dalam tiga musim ke depan. Ya, mulai 2020 hingga 2022, turnamen ini bakal berlangsung di Arab Saudi.

Kebijakan tersebut bisa dibilang nyeleneh lantaran turnamen ini sebelumnya selalu digelar di Spanyol. Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) pun beralasan, keputusan ini demi menyukseskan ambisi Negeri Matador untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

''Piala Super Spanyol akan digelar di Arab Saudi selama tiga tahun ke depan dan akan digelar di musim dingin dengan tujuan mengurangi kepadatan jadwal, seperti yang selama ini diserukan para pemain dan klub. Atas transformasi ini, klub-klub akan bisa merencanakan lebih baik pramusim mereka,'' demikian bunyi pernyataan RFEF, seperti dikutip dari BBC.

''Internasionalisasi kompetisi itu akan meningkatkan nilai kompetisinya sendiri dan sekaligus berkontribusi meningkatkan visibilitas kami dan meningkatkan citra kami menjelang tawaran kami untuk menggelar Piala Dunia 2030,'' imbuhnya.

Lebih lanjut, kontestan Piala Super Spanyol pun turut berubah. Jika sebelumnya hanya diikuti oleh juara La Liga Spanyol dengan juara Copa del Rey, mulai 2020 akan mempertemukan empat tim yakni Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, dan Valencia.

Berdasarkan hasil undian, Valencia akan melawan Real Madrid dan Barcelona menghadapi Atletico Madrid. Pertandingan pun akan digelar pada awal Januari di Stadion Raja Abdullah, Jeddah.

Valencia vs Real Madrid akan membuka turnamen Piala Super Spanyol pada 8 Januari, kemudian keesokan harinya dilanjutkan Barcelona vs Atletico Madrid. Lantas masing-masing pemenang, akan saling sikut memperebutkan trofi juara pada 12 Januari.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS