Italia Sempurna di Kualifikasi, Ini Kekhawatiran Mancini Tatap Piala Eropa

Rauhanda Riyantama
Italia Sempurna di Kualifikasi, Ini Kekhawatiran Mancini Tatap Piala Eropa
Selebrasi Timnas Italia setelah meraih kemenangan besar 9-1 atas Armenia. (AFP/Andreas Solaro)

Italia secara mengejutkan meraih 10 kemenangan dari 10 laga selama Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Suara.com - Timnas Italia mampu lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 dengan catatan sempurna. Kendati demikian, sang pelatih, Roberto Mancini belum terlalu yakin dengan skuatnya yang mayoritas dihuni oleh pemain muda dapat menjadi ancaman bagi tim-tim besar.

Italia sendiri secara mengejutkan meraih 10 kemenangan dari 10 laga selama Kualifikasi Piala Eropa 2020. Bahkan, mereka mampu melumat Armenia 9-1 di laga terakhir Grup J, Selasa (19/11/2019) dini hari WIB.

Melihat ganasnya Italia kini, bukan tidak mungkin tim-tim besar seperti Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, hingga Belgia bakal keder. Alih-alih jemawa, Mancini justru merendah dan menganggap tim lain jauh lebih siap.

''Saya tak tahu, apakah mereka khawatir atau tidak pada kami. Saya pikir mereka lebih kuat sebab selangkah lebih maju daripada kami,''ujar Mancini, seperti dikutip dari Football Italia.

''Prancis memulainya beberapa tahun lalu, mereka ke final Piala Eropa dan memenangi Piala Dunia. Mereka muda dan saya pikir salah satu tim terkuat. Spanyol juga sama,'' imbuhnya,

''Belgia juga sedang ganas dalam lima, enam tahun belakangan ini dengan talenta luar biasa mereka. Kemudian ada Inggris yang memiliki tim tak kalah heboh,'' tandas pelatih 54 tahun itu.

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini (kanan) memberikan arahan kepada pemainnya yang tengah merayakan gol ke gawang Bosnia Herzegovina, 11 Juni 2019 [AFP]
Pelatih timnas Italia Roberto Mancini (kanan) memberikan arahan kepada pemainnya yang tengah merayakan gol ke gawang Bosnia Herzegovina, 11 Juni 2019 [AFP]

Kendati demikian, Mancini menegaskan bahwa bukan tidak mungkin timnya bakal jadi perhitungan di Piala Eropa 2020. Sebab, skuat Gli Azzurri memiliki sejarah hebat di ajang bergengsi ini.

''Italia punya sejarah hebat. Saya tak berpikir tim lain akan mudah bertemu Italia. Mungkin mereka tidak takut, tapi jika bisa mereka akan mencari lawan selain Italia,'' tegas Mancini.

Sebagai informasi, Timnas Italia kini memang banyak dihuni oleh pemain muda. Mereka di antaranya adalah  Nicolo Barella (22), Nicolo Zaniolo (20), Sandro Tonalli (19), Federico Chiesa (22), Alessio Romagnoli (24), sert dua kiper yakni Gianluigi Donnarumma (20) dan Alex Meret (22).

Bahkan dengan skuat ini, Italia menjadi salah satu tim paling produktif selama kualifikasi. Tercatat mereka telah membukukan 37 gol, sementara baru kebobolan empat kali.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS