Hasil Liga Spanyol: Hattrick Messi Bawa Barcelona Tundukkan Mallorca 5-2

Bangun Santoso
Hasil Liga Spanyol: Hattrick Messi Bawa Barcelona Tundukkan Mallorca 5-2
Ekspresi Lionel Messi usai mencetak hattrick ke gawang Real Mallorca di laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP)

Dengan kemenangan besar ini, Barcelona sukses merebut puncak klasemen sementara Liga Spanyol dari Real Madrid

Suara.com - Barcelona tampik trengginas kala menjamu Real Mallorca di laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. Blaugrana menang besar dengan skor 5-2.

Parade gol Barcelona masing-masing dicetak oleh Antoine Griezmann di menit ke-7, lalu hattrick Lionel Messi menit 17', 41' dan 83'). Ditambah satu gol cantik dari Luis Suarez di menit 43.

Sedangkan dua gol Real Mallorca diborong oleh Ante Budimir di menit 35 dan 64.

Dari catatan Opta, hattrick Lionel Messi ke gawang Real Mallorca menjadi trigol ke-35 bagi Lionel Messi sepanjang ia bermain di Liga Spanyol sejak 2004. Catatan itu sekaligus menggungguli hattrick yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo sebanyak 34 kali.

Kemenangan atas Mallorca ini juga mengerek posisi Barcelona kembali memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol yang sebelumnya diduduki Real Madrid. Kedua tim sama-sama mengumpulkan 34 poin dari 15 pertandingan, namun Barca lebih unggul selisih gol.

Jalannya pertandingan

Barcelona mengawali laga dengan apik. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, tuan rumah langsung unggul melalui gol yang dicetak Antoine Griezmann yang menaklukkan kiper Manolo Reina.

Selepas gol pertama tercipta, Barca tak memberikan ruang sedikitpun bagi Mallorca untuk menyerang. Permainan tika tiki yang diterapkan Lionel Messi cs benar-benar nyaris membuat sang tamu lebih banyak bertahan hampir sepanjang laga.

Lionel Messi membawa timnya unggul 2-0 di menit 17. Sepakan melengkung kaki kirinya dari luar kotak penalti gagal dibendung oleh kiper Reina.

Gol berawal dari sebuah sodoran pendek pendek Griezmann di sisi kiri pertahanan Mallorca. Messi sempat mengontrol bola dan memutar badan lalu diakhiri dengan sebuah tembakan keras melengkung dan gol!.

Di sela-sela serangan bertubi-tubi tuan rumah, Real Mallorca bisa mencuri gol di menit 36. Tembakan striker Ante Budimir sempat diblok Clement Lenglet, namun bola tetap meluncur ke gawang Barcelona yang dikawal kiper Marc-Andre ter Stegen. Skor berubah menjadi 2-1.

Namun, Barca kembali melebar jarak usai Messi sukses mencetak gol keduanya di laga kali ini, tepatnya di menit ke-41.

Berawal dari serangan balik cepat dan kerja sama satu-dua antara Luis Suarez dan Ivan Rakitic, Messi sukses menyarangkan bola lewat tendangan melengkung kaki kirinya, skor berubah menjadi 3-1.

Hanya dua menit berselang, giliran Luis Suarez menggetarkan gawang Mallorca. Gol berawal dari aksi ciamik antara Sergi Roberto dan Frenkie de Jong, bola kemudian dituntaskan dengan gol cantik Suarez melalui tumit kaki kanan yang mengecoh bek Mallorca Martin Valjent dan Reina. Skor makin jauh menjadi 4-1. Skor tersebut menutup jalannya babak pertama.

Memasuki babak kedua, Barcelona tak menurunkan intensitas serangannya. Menit ke-52, Griezmann nyaris mencetak gol keduanya. Namun tembakan kaki kirinya dari jarak dekat masih bisa ditepis kiper Reina.

Keasyikan menyerang, Barcelona justru kecolongan oleh gol kedua Mallorca yang kembali dicetak Budimir di menit ke-64.

Memanfaatkan umpan silang Cucho Hernandez dari sisi kanan pertahanan Barcelona, Budimir mampu menanduk bola setelah menangi duel dengan Sergi Roberto. Skor berubah menjadi 4-2.

Pada menit ke-83, Messi sukses mencetak hattrick ke gawang Mallorca setelah memanfaatkan umpan pendek Suarez di dalam kotak penalti lawan.

Tembakan kaki kiri bintang Argentina itu sempat mengenai mistar gawang, namun bola tetap meluncur deras ke gawang Mallorca. Barcelona memimpin 5-2.

Di penghujung laga babak kedua, Barcelona sempat beberapa kali mendapat peluang emas. Namun skor 5-2 tak berubah hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan pemain

Barcelona (4-3-3): Marc ter Stegen; Sergi Roberto, Clement Lenglet, Gerard Pique, Junior Firpo; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Frenkie de Jong; Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann

Pelatih: Ernesto Valverde

Real Mallorca (4-3-3): Manolo Reina; Joan Sastre, Martin Valjent, Raillo, Fran Gamez; Salva Sevilla, Iddrisu Baba, Aleix Febas; Dani Rodriguez, Ante Budimir, Takefusa Kubo

Pelatih: Vicente Moreno Peris

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS