Hasil Liga Italia: Lazio Hajar Juventus 3-1 di Olimpico

Bangun Santoso
Hasil Liga Italia: Lazio Hajar Juventus 3-1 di Olimpico
Ekspresi gelandang Lazio Sergej Milinkovic-Savic usai mencetak gol ke gawang Juventus di laga lanjutan Serie A Liga Italia di Olimpico Stadium, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP)

Dengan kekalahan ini Juventus gagal menyalip Inter Milan di puncak klasemen sementara Liga Italia Serie A

Suara.com - Lazio sukses menjadi klub pertama yang mampu mengalahkan Juventus di ajang Liga Italia Serie A 2019/2020. Pasukan Elang Ibu Kota menang telak 3-1 dalam laga lanjutan Serie A di Olimpico Stadium, Minggu (8/12/2019) dini hari WIB.

Juventus sempat memimpin lebih dahulu melalui gol yang dicetak Cristiano Ronaldo di menit ke-25'. Namun gol tersebut justru memicu semangat anak-anak asuhan pelatih Simone Inzaghi yang sukses membalas dengan tiga gol. Gol-gol Lazio masing-masing dicetak oleh Luiz Felipe di menit 45, Sergej Milinkovic-Savic menit ke-74 dan Felipe Caicedo menit 90'.

Dengan hasil ini, Juventus gagal menyalip Inter Milan di puncak klasemen sementara Liga Italia Serie A yang sebelumnya bermain imbang 0-0 melawan AS Roma. Juventus tertahan di posisi dua dengan raihan 36 poin dari 15 pertandingan. Mereka terpaut dua poin dari Inter Milan yang ada di pucuk.

Sementara bagi Lazio, kemenangan ini menjadikan mereka memperpendek jarak dari Juventus yang kini hanya terpaut tiga poin. Lazio kini nyaman di posisi tiga dengan raihan 33 poin. Mereka unggul empat poin dari rival sekotanya AS Roma yang ada di posisi empat dengan 29 poin.

Jalannya pertandingan

Sejatinya Juventus mampu mengawali laga dengan baik. Sejumlah serangan dibangun dan cukup merepotkan barisan belakang Lazio. Terbukti mereka bisa unggul terlebih dahulu melalui sontekan Cristiano Ronaldo di menit 25'.

Gol berawal dari pergerakan Rodrigo Bentacur di sisi kiri pertahanan Lazio. Pemain bernomor punggung 30 itu kemudian melepas umpan mendatar ke jantung pertahanan lawan. Bola mengalir deras tak bisa dibendung kiper Thomas Strakosha. Bola yang sudah lewat dengan mudah dicocor Ronaldo yang sudah menunggu di muka gawang Lazio dan gol! Juventus memimpin 0-1.

Tertinggal dua gol membuat Lazio berupaya bermain lebih menekan. Namun sejumlah upaya yang dilakukan gagal berbuah gol. Salah satunya dari sepakan keras striker andalan mereka Ciro Immobile.

Hingga memasuki menit akhir babak pertama, tuan rumah akhirnya sukses menyamakan kedudukan. Di menit 45 sebuah umpan cantik Luis Alberto dari sisi kanan pertahanan Juventus disambut tandukan kepala Luiz Felipe dan masuk! skor sama kuat 1-1. Hingga turun minum skor imbang tak berubah.

Memasuki babak kedua, permainan kedua tim sama-sama terbuka. Aksi jual beli serangan tak terelakan. Sebuah solo run dilakukan Ciro Immobile hingga terhenti oleh sebuah dorongan dari Juan Cuadrado, namun wasit tak menunjuk titik putih, permainan tetap berjalan.

Lalu sepakan keras kaki kiri Paulo Dybala nyaris membuat Juventus unggul. Namun kiper Strakosha masih sigap mengamankan gawangnya.

Petaka akhirnya datang bagi Juventus di menit 69'. Bermula dari sebuah serangan balik cepat anak-anak Lazio, bola kemudian diumpan jauh ke arah Manuel Lazzari yang sudah berlari sendirian tak terkawal. Belum sempat menyentuh bola, pemain sayap Lazio itu sudah diganjal dengan keras oleh Juan Cuadrado. Para pemain Lazio langsung memprotes aksi pelanggaran keras oleh Cuadrado tersebut.

Awalnya wasit Michael Fabbri hanya memberikan kartu kuning saja. Namun akhirnya ia memutuskan untuk melihat Video Assistant Referee alias VAR. Usai melihat VAR ia langsung membatalkan kartu kuning dan menggantinya dengan kartu merah.

Cuadrado awalnya tak terima atas kartu merah tersebut, ia bahkan tampak berseteru dengan sang kapten Juventus Leonardo Bonucci yang mencoba menenangkannya.

Wasit memberikan kartu merah usai pelanggaran keras Juan Cuadrado terhadap pemain Lazio Manuel Lazzari. Dalam laga yang dihelat di Olimpico Stadium itu, Lazio menang 3-1. (Foto: AFP)
Wasit memberikan kartu merah usai pelanggaran keras Juan Cuadrado terhadap pemain Lazio Manuel Lazzari. Dalam laga yang dihelat di Olimpico Stadium itu, Lazio menang 3-1. (Foto: AFP)

Keunggulan jumlah pemain langsung dimanfaatkan Lazio, dan gol kemenangan benar-benar tercipta pada menit 74'. Sebuah umpan lambung cantik sukses dimenangkan Sergej Milinkovic-Savic di kotak penalti Juventus, dengan dingin gelandang Serbia itu menaklukkan kiper Wojciech Szczesny, Lazio unggul 2-1.

Bermain dengan 10 pemain dan tertinggal 2-1, benar-benar membuat barisan belakang Juventus rapuh. Lazio bahkan sempat mendapatkan hadiah penalti, sayang, Ciro Immobile kali ini bermain melempem, tembakannya masih bisa ditahan Szczesny. Bola sempat muntah dan kembali dicocor oleh Immobile, namun lagi-lagi masih bisa ditahan.

Namun peluang lainnya kali ini benar-benar bisa diselesaikan dengan baik oleh anak-anak Lazio. Kali ini oleh pemain pengganti Felipe Caicedo di menit 90'. Sepakannya tak lagi bisa dibendung kiper Juventus. Lazio akhirnya menutup laga dengan kemenangan 3-1.

Susunan pemain

Lazio (3-5-2): Thomas Strakosha, Luiz Felipe, Francesco Acerbi, Stefan Radu, Manuel Lazzari, Sergej Milinkovic-Savic, Lucas Leiva, Luis Alberto, Senad Lulic, Ciro Immobile, Joaquin Correa

Juventus (4-3-1-2): Wojciech Szczesny, Alex Sandro, Matthijs De Ligt, Leonardo Bonucci, Juan Cuadrado, Blaise Matuidi, Miralem Pjanic, Rodrigo Bentacur, Federico Bernardeschi, Cristiano Ronaldo, Paulo Dybala

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS