Tira-Persikabo Resmi Ganti Nama Jadi Persikabo 1973, Begini Prosesnya

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Tira-Persikabo Resmi Ganti Nama Jadi Persikabo 1973, Begini Prosesnya
Logo Tira Persikabo.

Tira-Persikabo berganti nama menyambut musim 2020.

Suara.com - Menyambut kompetisi Liga 1 2020, Tira-Persikabo telah mendapatkan restu untuk mengubah nama klub menjadi Persikabo 1973.

Anggota Asprov PSSI Jawa Barat menyetujui bahwa klub Tira-Persikabo berubaha nama menjadi Persikabo 1973 saat digelarny Kongres Tahunan di Bandung, Minggu (16/2/2020). 

Selain itu, ada dua klub lainnya yang juga ganti nama, yaitu Football Plus menjadi Inspire dan Blitar United menjadi Bandung United.

Direktur Pengembangan Bisnis Tira-Persikabo, Rhendie Arindra mengaku proses perubahan nama ini sudah berlangsung saat digelarnya Kongres Tahunan PSSI di Bali, Januari lalu. 

Saat kongres tersebut digelar, manajemen Tira-Persikabo mendapat arahan agar perubahan nama dilakukan melalui Kongres Asprov PSSI Jawa Barat. Alhasil, perubahan nama pun disepakati di kongres tersebut.

"Sebenarnya ini rangkaian sejak akhir tahun lalu, yang ketika itu kami mengajukan perubahan nama untuk ditetapkan di Kongres Tahunan PSSI," kata Rhendie.

"Waktu Kongres Tahunan PSSI, Pak Mochamad Iriawan (Ketua Umum PSSI) bilang bahwa untuk tahun ini, mekanismenya harus melalui jalur Asprov PSSI Jawa Barat lebih dulu karena Tira-Persikabo bermarkas di Kabupaten Bogor, berada di bawah naungan Asprov PSSI Jawa Barat," terangnya. 

"Mekanisme itu pula yang kami jalankan sesuai arahan dari PSSI. Awal Februari 2020, kami kirimkan surat ke Asprov PSSI Jawa Barat. Alhamdulillah, nama baru sudah disahkan," jelas Rhendie. 

Setelah mendapatkan restu, nantinya pihak Asprov PSSI Jawa Barat akan mengirim surat ke PSSI Pusat melalui Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Oleh karenanya, proses perubahan nama itu tidak lagi dibawa saat PSSI menggelar Kongres Tahunan pada tahun 2021 mendatang. 

"Di Exco PSSI biasanya hanya stempel dan mekanismenya sudah selesai. Sebab, kewenangan ada di klub dan Asprov PSSI Jawa Barat," tambahnya. 

"Jadi semua syarat kami sudah jalani. Mudah-mudahan di Exco PSSI sesuai dengan yang ditetapkan Asprov PSSI Jawa Barat. Tapi, itu tahapan yang harus dijalani dan kami ikuti saja," pungkas Rhendie.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS