Timo Werner Kembali Moncer, Tottenham Menyerah dari RB Leipzig di London

Rully Fauzi
Timo Werner Kembali Moncer, Tottenham Menyerah dari RB Leipzig di London
Penyerang RB Leipzig, Timo Werner (kiri) merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur pada laga Liga Champions 2019/2020 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Kamis (20/2/2020) dini hari WIB. [Glyn KIRK / IKIMAGES / AFP]

Perjuangan Tottenham Hotspur pun semakin berat karena harus tandang ke Jerman pada leg kedua nanti.

Suara.com - Timo Werner terus melanjutkan performa sensasionalnya di kampanye 2019/2020. Penyerang maut RB Leipzig itu kini telah mengemas 26 gol plus 10 assist dari 32 pertandingan di semua ajang musim ini!

Teranyar, striker internasional Jerman yang baru berusia 23 tahun itu memprakarsai kemenangan krusial RB Leipzig atas tuan rumah Tottenham Hotspur di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/2020.

Gol Werner dari titik putih pada menit ke-58 menjadi gol tunggal yang membawa RB Leipzig menang 1-0 atas Tottenham di Tottenham Hotspur Stadium, London, Kamis (20/2/2020) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

RB Leipzig yang dibesut pelatih muda penuh potensi, Julian Nagelsmann, memulai laga dengan positif. Meski tampil tandang, Werner dan kolega tak ragu untuk menampilkan permainan ofensif. 

Menit ketiga, sepakan Jose Tasende alias Angelino serta Werner masih mampu dibendung kiper sekaligus kapten Tottenham, Hugo Lloris. Penyelamatan secara back-to-back yang sangat baik!

Di 20-25 menit awal babak pertama, RB Leipzig di luar dugaan berhasil menguasai permainan. Tim tamu mendominasi ball possession hingga 65 persen!

Di sisi lain, Tottenham benar-benar kesulitan tanpa Son Heung-min yang harus absen lantaran retak lengan.

Son yang cedera akhir pekan lalu di laga lanjutan Liga Inggris diprediksi akan absen di sisa musim ini, 'menyusul' penyerang andalan Tottenham, Harry Kane yang sudah menepi sejak awal Januari 2020 lalu.

Tanpa Son dan Kane, manajer Tottenham Jose Mourinho praktis hanya mengandalkan Dele Alli dan Lucas Moura di lini serang. Keduanya bergantian sebagai false nine.

Kembali ke pertandingan, Werner kembali menghadirkan ancaman untuk tuan rumah pada menit ke-36. Memiliki kans bagus jarak dekat, namun Lloris kembali tampil apik di bawah mistar gawang Tottenham.

Kedua tim saling jual-beli serangan setelahnya, namun skor imbang nirgol menutup jalannya 45 menit babak pertama.

Memasuki paruh kedua, tepatnya pada menit ke-57, RB Leipzig mendapatkan hadiah penalti setelah Konrad Laimer dilanggar bek sayap Tottenham, Ben Davies di kotak 16.

Werner yang maju sebagai eksekutor penalti menunaikan tugasnya dengan ciamik. RB Leipzig unggul 1-0 di Tottenham Hotspur Stadium pada menit ke-58.

Setelah gol ini, laga praktis seperti menjadi ajang duel taktik dan strategi bagi Mourinho dan Nagelsmann. 

Mourinho memasukkan Erik Lamela serta Tanguy Ndombele, dan substitusi ini lumayan membuat permainan Tottenham jauh lebih baik ketimbang babak pertama.

Menit ke-72, Tottenham sejatinya memiliki peluang yang sangat bagus untuk menyamakan kedudukan. Sayang, tendangan bebas Giovani Lo Celso mampu ditepis dengan brilian oleh penjaga gawang andalan RB Leipzig, Peter Gulacsi.

Pada menit ke-86, giliran perekik Erik Lamela yang mampu dibendung Gulacsi. Tiga menit setelahnya, sebuah tandukan Lucas Moura melambung dari sasaran.

Skor 1-0 untuk keunggulan RB Leipzig sendiri bertahan hingga laga rampung. Ini merupakan kemenangan perdana klub Bundesliga Jerman itu di fase gugur Liga Champions sepanjang sejarah klub!

Sementara bagi tuan rumah, ini menjadi kekalahan pertama Tottenham dalam delapan laga terakhir mereka di semua ajang.

Untuk leg kedua, RB Leipzig akan gantian menjadi tuan rumah di Red Bull Arena pada 11 Maret mendatang.

Tentu merupakan sebuah tugas yang berat bagi Tottenham untuk membalikkan agregat di kandang lawan dan lolos ke delapan besar.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur XI (4-4-2): Lloris; Aurier, Alderweireld, Sanchez, Davies; Gelson Fernandes, Lo Celso, Winks, Bergwijn; Lucas Moura, Alli.

Pelatih: Jose Mourinho (Portugal)

RB Leipzig XI (3-4-2-1: Gulacsi; Ampadu, Klostermann, Halstenberg; Angelino, Laimer, Sabitzer, Mukiele; Nkunku, Werner; Schick.

Pelatih: Julian Nagelsmann (Jerman)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS