Virus Corona Mengintai, Pemain Asing Persib Bandung Malah Liburan ke Bali

Syaiful Rachman
Virus Corona Mengintai, Pemain Asing Persib Bandung Malah Liburan ke Bali
Pesepak bola Persib Bandung Wander Luiz Queiroz Dias (kanan) merayakan selebrasi seusai memasukkan gol ke gawang PSS Sleman saat pertandingan Sepak Bola Liga 1 2020 di stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Sebagian pemain Persib Lainnya memilih pulang kampung.

Suara.com - Di tengah ancaman virus corona atau COVID-19 yang telah dinyatakan sebagai pandemi global, sejumlah pemain Persib Bandung dilaporkan pulang kampung. Namun ada juga beberapa dari mereka yang memanfaatkan dihentikannya Liga 1 2020 dengan liburan meski pemerintah Indonesia mengimbau semua warga untuk menerapkan social distancing atau mengurangi interaksi sosial.

Melalui unggahan Instagram, salah seorang pemain Persib, Wander Luiz, diketahui berlibur di Bali di tengah merebaknya virus corona Covid-19.

Sementara itu, Geofrrey Castillion memilih pulang ke kampung halamannya, Belanda. Senada, Omid Nazari pun pulang ke negaranya Filipina untuk bertemu keluarga.

Terkait hal ini, Dokter Tim Persib Bandung Rafi Ghani menyampaikan, bagi para pemainnya yang pulang ke negara asalnya maupun melakukan perjalanan keluar Bandung, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan berupa tes proaktif virus corona, di Graha Persib, Senin (16/3/2020).

Pemain Persib Bandung Wander Luiz liburan di Bali. [Screenshot Instagram wanderluiz]
Pemain Persib Bandung Wander Luiz liburan di Bali. [Screenshot Instagram wanderluiz]

Rafi juga memberi pesan agar para pemain yang bepergian tidak melakukan kontak fisik dengan siapa pun.

"Untuk yang pulang segala sesuatunya sudah dipersiapkan oleh mereka dan sebelum berangkat mereka dites dahulu. Jadi saya sudah kasih perbekalan supaya tidak kontak dan terpapar corona," kata Rafi melalui sambungan telepon, Rabu (18/3/2020).

Kemudian, bagi para pemain yang melakukan perjalanan, pihaknya berencana akan melakukan serangkai tes pengecekan kembali. Namun Rafi mengatakan, keputusan itu tergantung sejauh mana aktivitas para pemainnya selama liburan.

"Bisa jadi di tes lagi tergantung yang mereka lakukan. Tapi saya tidak bisa katakan pemeriksaan apa yang dilakukan," sambungnya seperti dikutip laman ayobandung.

Sebelumnya, usai mengantongi kemenangan 2-1 atas PSS Sleman, para penggawa Persib Bandung mendapatkan jatah libur dua hari. Mereka pun akan kembali berlatih pada Kamis (19/3/2020).

Penyerang andalan Persib Bandung, Wander Luiz (kanan). [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi]
Penyerang andalan Persib Bandung, Wander Luiz (kanan). [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi]

Covid-19 sendiri merupakan penyakit infeksi pernapasan yang dimulai dengan demam dan batuk kering. Setelah sekira satu minggu, penyakit ini menyebabkan sesak napas.

Virus tersebut setidaknya telah menginfeksi orang di lebih dari 120 negara dengan lebih dari 123.000 orang terjangkit, dan korban meninggal mencapai 4.900 lebih.

Di Indonesia, berdasarkan data dari Tim Pakar Gugus Percepatan Penanganan Covid-19, hingga Rabu (18/3/2020) pagi, 7 orang meninggal dunia dari 172 kasus positif Covid-19.

Jumlah kasus meninggal akibat Covid-19 itu bertambah 2 orang dari angka kematian terakhir sebanyak 5 orang pada Selasa (17/3/2020). Sementara itu, jumlah kasus positif Covid-19 belum bertambah hingga Rabu pagi (18/3/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS