Penyebaran COVID-19 Tinggi, Bayern Munich Batal Awali Musim di Hadapan Fans

Syaiful Rachman
Penyebaran COVID-19 Tinggi, Bayern Munich Batal Awali Musim di Hadapan Fans
Para pemain Bayern Munich merayakan kemenangan dengan mengangkat trofi Liga Champions setelah mengalahkan Paris Saint-Germain pada laga final di Luz stadium, Lisbon, Senin (24/8/2020) dini hari WIB. [Miguel A. Lopes / POOL / AFP]

Sebelumnya pemerintah Jerman sudah memberikan lampu hijau bagi klub untuk menghadirkan suporter di stadion.

Suara.com - Rencana Bayern Munich untuk tampil dihadapan para pendukungnya di awal musim 2020/21 tampaknya tidak bisa terlaksana. Menyusul masih tingginya tingkat penyebaran COVID-19 di Ibu Kota, tim besutan Hansi Flick dipastikan mengawali musim di stadion kosong.

Sebelumnya, Bayern yang berhasil menjuarai Liga Champions musim lalu berencana untuk mengizinkan 7.500 penonton memasuki Allianz Arena guna menyaksikan pertandingan pembuka Bundesliga 2020/21 kontra Schalke 04, Jumat (18/9/2020) waktu setempat.

"Akan menjadi sinyal yang salah membiarkan penonton memasuki stadion olahraga dengan latar belakang situasi belakangan ini," kata Wali Kota Munich Dieter Reiter dikutip Antara dari AFP.

Sebagaimana diketahui, pemerintah Jerman memberi lampu hijau kepada klub peserta Bundesliga untuk mengizinkan kembalinya sebagian penonton ke dalam stadion, dengan syarat tingkat infeksi di setiap wilayah tetap di bawah 35 per 100.000 penduduk.

Baca Juga: Temui Donald Trump, Presiden FIFA Bahas Persiapan Piala Dunia 2026

Suasana Allianz Arena yang merupakan kandang dari Bayern Munich di malam hari. [Christof STACHE / AFP]
Suasana Allianz Arena yang merupakan kandang dari Bayern Munich di malam hari. [Christof STACHE / AFP]

Namun, angka untuk Munich ditinjau kembali menjadi 47,6 per 100.000 penduduk pada Kamis (17/9/2020), sehingga tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Sementara sang juara bertahan harus kick off tanpa penonton, sejumlah penonton diperkirakan akan menghadiri pertandingan Bundesliga lainnya pada akhir pekan pembuka musim liga.

Reiter mengatakan ia bisa memahami frustrasinya klub dan penggemar Bayern, namun "bagi saya, angka yang tinggi ini berarti bahwa kita setidaknya harus berpikir mengenai pembatasan yang jauh lebih drastis dalam kehidupan publik."

"Saya tidak bisa membiarkan ribuan penggemar memasuki stadion pada saat yang sama," ujarnya menambahkan.

Pelatih Bayern Munich Hansi Flick memakai masker saat skuatnya menghadapi Werder Bremen di Liga Jerman. Martin MEISSNER / POOL / AFP
Pelatih Bayern Munich Hansi Flick memakai masker saat skuatnya menghadapi Werder Bremen di Liga Jerman. Martin MEISSNER / POOL / AFP

Pelatih kepala Bayern Hansi Flick mengaku maklum dengan keputusan tersebut. Menurutnya, semua pihak tetap harus mengutamakan keselamatan.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Besutan Shin Tae-yong Raih Kemenangan Pertama

"Saya selalu mengatakan saya lebih suka mengawasi berbagai hal," kata Flick kepada wartawan, Kamis (17/9/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS