alexametrics

Tak Ada Ruang untuk Rasisme, Griezmann: Ansu Fati Pantas Dapat Respek!

Rully Fauzi
Tak Ada Ruang untuk Rasisme, Griezmann: Ansu Fati Pantas Dapat Respek!
Antoine Griezmann (kiri) dan Ansu Fati menjalani pemanasan sebelum Barcelona bertanding. [LLUIS GENE / AFP]

Antoine Griezmann mengecam pernyataan media Spanyol soal Ansu Fati.

Suara.com - Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann mengecam pernyataan rasial yang ditujukan kepada rekan setimnya, yakni wonderkid Ansu Fati oleh pers Spanyol menyusul kemenangan 5-1 Barca pada matchday 1 Liga Champions 2020/2021 atas klub Hungaria, Ferencvaros, Rabu (21/2/2020).

Fati, penyerang sayap yang sudah menjadi andalan Timnas Senior Spanyol meski baru berusia 17 tahun, tampil brilian di Camp Nou melawan Ferencvaros, saat ia mencetak gol kedua untuk Barcelona sebelum memberikan assist kepada Philippe Coutinho untuk gol ketiga mereka, tepat setelah babak pertama selesai.

Terlepas dari penampilan bagusnya, Fati menjadi sasaran laporan rasis dari ABC, sebuah surat kabar Spanyol.

"Ansu nyaris mencetak gol dengan tendangan penyerang murni, membalikkan tubuhnya dengan sempurna. Ansu saat berlari mirip dengan gazelle, ia terlihat seperti pedagang jalanan muda berkulit hitam, yang bisa Anda lihat saat berlari di Paseo de Gracia berteriak 'air, air' ketika polisi datang," tulis laporan itu, penuh dengan nuansa rasis.

Baca Juga: El Clasico: Barcelona Bisa Apa Tanpa Luis Suarez ?

"Pemandangan di jantung kota sekarang sudah tidak terjadi lagi karena Ada Colau (Walikota Barcelona). Yang berandalan adalah polisi dan bukan pedagang jalanan, yang tidak perlu lari cepat lagi. Memang benar bahwa tanpa turis, bisnis mereka akan turun."

Pernyataan mengejutkan itu langsung direspons Griezmann yang dengan cepat membela rekan setimnya tersebut melalui media sosial.

"Ansu adalah pemuda luar biasa yang pantas dihormati seperti semua manusia lainnya," tulis Griezmann di akun Twitter pribadinya, Kamis (22/10/2020).

"Tidak untuk rasisme dan tidak untuk perilaku buruk lainnya!"

Setelah menembus tim utama Barcelona musim lalu, Fati menikmati awal yang baik di kampanye 2020/2021 dan saat ini menjadi pencetak gol terbanyak Barcelona di semua kompetisi.

Baca Juga: Messi Catat Rekor, Berikut 7 Fakta Menarik Usai Barcelona Gilas Ferencvaros

Terlepas performanya saat ini, pesepakbola jebolan La Masia itu tetap rendah diri dan dengan cepat memuji rekan-rekan satu timnya, termasuk megabintang Barca Lionel Messi, setelah kemenangan telak atas Ferencvaros.

Komentar