alexametrics

Liverpool Tertahan di Craven Cottage, VAR Kembali Bikin Klopp Kesal

Rully Fauzi
Liverpool Tertahan di Craven Cottage, VAR Kembali Bikin Klopp Kesal
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (tengah) menyaksikan timnya berlaga dari pinggir lapangan, pada pertandingan Liga Inggris 2020/2021 kontra Fulham di Craven Cottage, London, Senin (14/12/2020) dini hari WIB. [NEIL HALL / POOL / AFP]

Mengeluh soal VAR bukanlah hal baru bagi The Normal One.

Suara.com - Video Assistant Referee alias VAR kembali bikin pelatih Liverpool, Jurgen Klopp kesal. Teranyar, pelatih berjuluk The Normal One itu mengecam wasit yang meng-handle VAR, saat gawang Liverpool kemasukan gol pemain Fulham, Bobby Reid, Senin (14/12/2020) dini hari WIB.

Dalam laga pekan ke-12 Liga Inggris 2020/2021 di Craven Cottage, London itu, Reid membawa tuan rumah Fulham unggul lebih dulu pada menit ke-25.

Dalam proses terjadinya gol ini, bintang Liverpool, Mohamed Salah lebih dulu merasa dilanggar oleh penggawa Fulham, Antonee Robinson.

Wasit Andre Marriner serta wasit VAR, Lee Mason memutuskan untuk tetap mengesahkan gol ini walaupun para pemain Liverpool melancarakan protes.

Baca Juga: Granit Xhaka Jadi Biang Kerok Kekalahan Arsenal, Arteta Buka Suara

"Itu jelas-jelas pelanggaran, tidak ada yang lain. Semua orang bisa melihat itu. Itu bukan kartu kuning atau kartu merah, tapi pemain yang mengoper bola (Robinson) mendapat keuntungan, mendapatkan bola dengan mendorong Mo (Salah)," tutur Klopp seperti dimuat Tribal Football.

"Jika ia tidak mendorong, maka Mo yang akan mendapatkan bola. Ini bukan soal seberapa keras pelanggarannya, ini tentang keuntungan. Mendorong dengan dua tangan. Lee Mason, VAR, apa yang mereka katakan, kontak biasa? Bagaimanapun, pelanggaran tetaplah pelanggaran," kecam pelatih berpaspor Jerman itu.

"Saya tidak yakin apa yang Lee Mason pikirkan di rumah, tapi itu bukan kontak biasa dalam sepakbola. Untuk apa ada VAR, karena nyatanya momen itu tertangkap jelas. Saya tidak habis pikir. Itu kontak yang cukup untuk mendapatkan keuntungan, jadi itu pelanggaran."

"Namun kita tidak bisa mengubahnya, dan saya membicarakan ini karena Anda bertanya. Tidak satu pun dari pendapat kita yang 0,0 persen relevan, karena kita tidak bisa mengubah keputusan," sindir Klopp.

Liverpool sendiri akhirnya selamat dari kekalahan di markas Fulham setelah Salah mencetak gol pada menit ke-79 lewat titik putih, setelah sebelumnya Aboubakar Kamara handsball di kotak penalti Fulham. 

Baca Juga: City Gagal Bikin Gol di Derby Manchester, Guardiola: Kami Merindukan Aguero

Well, mengkritik VAR sendiri bukanlah hal baru bagi Klopp. Tengah pekan lalu, pelatih berusia 53 tahun itu mengaku "menyesal" pernah mengatakan bahwa penggunaan VAR akan sangat membantu dunia sepakbola.

Komentar