alexametrics

Timnas Indonesia U-19 Jalani TC Singkat di Spanyol, Ini Kata Shin Tae-yong

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Timnas Indonesia U-19 Jalani TC Singkat di Spanyol, Ini Kata Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memantau latihan pemain-pemain persiapan SEA Games 2021 (dok. PSSI).

PSSI telah memulangkan David Maulana dan kawan-kawan pada Rabu (13/1/2021).

Suara.com - Training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 di Spanyol hanya berlangsung singkat dari jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Pada awalnya skuat Timnas Indonesia U-19 jalani TC di Spanyol sampai 31 Januari 2021. Namun, PSSI memulangkan David Maulana dan kawan-kawan pada Rabu (13/1/2021).

Hal ini dikarenakan Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-19-- sulit melakoni pertandingan uji coba di sana. Ini karena situasi pandemi COVID-19 di Negeri Matador yang sedang meningkat, membuat berbagai aktivitas sedang dibatasi.

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong melihat anak asuhannya sedang melakukan internal game (dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong melihat anak asuhannya sedang melakukan internal game (dok. PSSI)

Terkait hal ini, Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, angkat bicara. Juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut para pemain harus tetap semangat demi karier mereka ke depan.

Baca Juga: Shin Tae-yong Gembleng Timnas Indonesia Senior pada Februari 2021

"Selama tiga pekan di Spanyol, kami hanya melakukan dua kali internal game. Kami harap pemain terus bersemangat, kerja keras serta selalu bermain maksimal," kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

"Mereka kariernya masih panjang dan menjadi generasi penerus timnas Indonesia U-23 maupun senior," tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, tadinya Timnas U-19 dipersiapkan untuk menghadapi Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia akan jadi tuan rumah. Namun, FIFA menunda gelaran tersebut sampai 2023.

Tentu ini membuat hampir seluruh pemain yang diasuhnya tak lagi bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023 karena faktor usia. Selain itu, Garuda Nusantara juga akan tampil di Piala Asia U-19 2020 pada Maret mendatang.

Akan tetapi, ada peluang kejuaraan tersebut juga dibatalkan oleh AFC. Konfederasi Sepakbola Asia itu sedang membahas nasib kelanjutan Piala Asia U-19 dan U-16 dilanjut atau tidak.

Baca Juga: Shin Tae-yong Kecewa Timnas Indonesia U-19 Tak Bisa Uji Coba di Spanyol

Seperti diketahui, Piala Asia U-16 dan U-19 2020 sekaligus menjadi babak kualifikasi menuju Piala Dunia U-17 dan U-20. Akan tetapi, FIFA telah menunda dua gelaran tersebut.

Komentar