alexametrics

Persib Usulkan Liga 1 2021 Ikuti Kalender Eropa

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Persib Usulkan Liga 1 2021 Ikuti Kalender Eropa
Pelatih kepala Persib Robert Albert (bertopi) memantau latihan rutin anak asuhnya di stadion GBLA, Bandung, Kamis (24/9/2020). [Dok. Persib]

"Jika mengikuti Eropa, proses merekrut pemain asing menjadi sama dengan klub-klub lain di Eropa," Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono.

Suara.com - Persib Bandung memberikan usulan agar Liga 1 musim berikutnya bisa mengikuti kalender kompetisi Eropa. Hal itu disampaikan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB), Teddy Tjahjono.

Persib Bandung dan 17 klub peserta Liga 1 lainnya telah mengadakan pertemuan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator liga pada Jumat (15/1/2021).

Teddy Tjahjono mengusulkan agar Liga 1 musim berikutnya untuk bergulir pada Agustus 2021. Menurutnya, saat itu kondisi keuangan klub-klub peserta sudah kembali stabil setelah dihantam pandemi Covid-19.

Selain soal finansial, ada beberapa keuntungan yang didapatkan menurut Teddy. Salah satunya adalah memudahkan tim-tim Liga 1 dalam hal mendatangkan pemain asing.

Baca Juga: Gagal Tampil di Piala Asia, Penggawa Timnas Indonesia U-19 Lapang Dada

"Kami semua ingin liga bergulir lagi. Namun, dengan situasi saat ini, kami ada opsi bisa mengikuti jadwal Eropa. Jika mengikuti Eropa, proses merekrut pemain asing menjadi sama dengan klub-klub lain di Eropa," kata Teddy dikutip dari laman resmi Persib, Sabtu (16/1/2021).

Selain mempermudah transfer pemain, lanjut Teddy, menggulirkan liga di Agustus juga bisa menjadi solusi masalah tahunan yang selalu menghampiri sepakbola Indonesia, termasuk pendaftaran tim ke kompetisi regional.

“Dengan mengikuti jadwal Eropa, kendala itu tak terjadi lagi. Itu yang tadi saya sampaikan perlu dianalisa dan dipikirkan untuk kebaikan sepakbola di Indonesia ke depan," jelasnya

"Kalau itu menjadikan sepakbola Indonesia lebih baik, oke kita putuskan Liga 2021-2022 mulai bulan Agustus," ia menambahkan.

Lain halnya dengan Persib, mayoritas klub ingin Liga 1 musim berikutnya bergulir setelah hari raya Lebaran. Ada juga yang menyarankan bergulir pada Maret 2021.

Baca Juga: Persik Kediri Dukung Liga 1 2021 Tanpa Degradasi, Ini Alasannya

Ini setelah mayoritas klub-klub Liga 1 sepakat menghentikan kompetisi 2020. Mereka ingin fokus menatap musim selanjutnya, karena kompetisi 2020 tidak ada kejelasan.

Komentar