alexametrics

Terkait Target di Piala Menpora 2021, Persib Tak Muluk-muluk

Rully Fauzi
Terkait Target di Piala Menpora 2021, Persib Tak Muluk-muluk
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. [ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi]

Persib turut ambil bagian di Piala Menpora 2021 yang akan kick-off 21 Maret.

Suara.com - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengakui timnya tidak mengusung target tinggi di Piala Menpora 2021. Target yang tinggi justru dibidik Persib pada kompetisi resmi, yakni di Liga 1 2021 nanti.

Robert mengaku tak mau mengambil risiko dengan memasang target tinggi di Piala Menpora. Dia mengaku tak tergiur dengan hadiah tinggi yang ditawarkan penyelenggara turnamen pramusim itu. 

"Saya punya pendapat yang sangat berbeda soal hal ini. Kami melihat turnamen ini dari sudut pandang berbeda, yaitu dari segi teknis sepakbola dan masa depan," ucap Robert seperti dimuat AyoBandung --jaringan Suara.com.

Pelatih kawakan asal Belanda itu mengatakan, melalui turnamen ini para pemain bisa kembali berlatih rutin dan terprogram.

Baca Juga: Soal Piala Menpora, Arema FC Minta IPW Tak Usah Terlalu Khawatir

Apalagi, persiapan yang hanya tiga pekan sangat berisiko bagi pemain karena sudah satu tahun tak merasakan pertandingan resmi. 

"Turnamen ini tidak terlalu penting dan bukan merupakan hal yang perlu dijalani secara serius. Apa yang paling penting adalah para pemain kembali berlatih penuh," tegasnya. 

Situasi saat ini, menurut Robert, bertentangan dengan ilmu dalam sepakbola. Di turnamen nanti, Robert hanya akan memberikan kesempatan bagi pemain menikmati laga sambil memulihakan kebugaran. 

"Tugas utama kami di sini adalah untuk memberikan kesempatan kepada pemain menikmati pertandingan, memulihkan kembali kebugaran pemain karena memang mereka butuh hal itu. Dan yang juga penting adalah menghindari para pemain dari cedera," jelasnya.

Kondis Pemain

Baca Juga: Menpora Usulkan Semifinal dan Final Piala Menpora 2021 Dihelat di Solo

Robert mengungkapkan, kondisi dan kesiapan pemain di masa pramusim saat ini berada di dalam kategori normal. Hal itu ia sampaikan setelah mengamati sesi latihan Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Sebelumnya, Persib sempat menggelar Tes Zoladz pada Selasa (2/3/2021) kemarin. Tes tersebut diperuntukkan untuk mengetahui daya tahan tubuh para pemain saat ini.

Selain itu, para penggawa tim Pangeran Biru juga menjalani latihan peningkatan kekuatan. 

"Dari yang terlihat, semuanya terlihat normal dalam menjalani pramusim seperti ini. Jadi kami akan memberikan umpan balik kepada mereka," tutur Robert.

Selain daya tahan tubuh dan kekuatan, Robert juga mengukur kemampuan anak-anak asuhnya dalam hal pemulihan kebugaran serta usaha pencegahan cedera. 

"Kami mengambil asam laktat pemain setelah menjalani latihan sehingga kami tahu siapa saja yang kurang baik di dalam memulihkan kondisinya. Dari Tes Zoladz kami tahu bagaimana pemain menghindari dirinya dari cedera. Jadi, kami masih memantau segala sesuatunya di saat seperti ini," pungkas eks pelatih PSM Makassar itu.

Komentar