alexametrics

LIB Berharap Kajian Penonton di Stadion Rampung Sebelum Final Piala Menpora

Syaiful Rachman
LIB Berharap Kajian Penonton di Stadion Rampung Sebelum Final Piala Menpora
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) berbincang dengan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita (kiri) sebelum Rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Kompetisi Sepak bola Liga 1 dan 2 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/2/2021). . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Final Piala Menpora akan digelar dengan format dua leg.

Suara.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa pihaknya berupaya untuk menyelesaikan kajian keberadaan penonton di stadion saat liga sebelum final terakhir Piala Menpora 2021 pada 25 April 2021.

"Harapan kami (selesai) sebelum final Piala Menpora 2021," ujar Akhmad Hadian kepada ANTARA di Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Pria asal Jawa Barat itu menyebut, sejatinya LIB bersama PSSI sudah membuat kajian awal tentang kehadiran penonton di stadion ketika Liga 1 dan 2 Indonesia berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

Akan tetapi, penjabaran tersebut dirasakan belum terlalu luas dan lengkap.

Baca Juga: Ketum PSSI Pastikan Kinerja Wasit Piala Menpora 2021 Dievaluasi

"Jadi kami ingin membuatnya lebih komprehensif," kata Akhmad Hadian.

Kajian soal penonton di stadion saat Liga 1 dan 2 Indonesia bergulir diminta langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden memerintahkan Menpora Zainudin Amali untuk mempelajari kemungkinan tersebut dan mengkajinya bersama PSSI dan PT LIB selaku operator kompetisi.

Nantinya, seperti dijelaskan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, stadion disiapkan untuk menampung penonton sejumlah sekitar 20-30 persen dari kapasitas maksimal.

Meski demikian, Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021-2022 belum dapat dipastikan pelaksanaannya karena belum ada izin keramaian dari Polri.

Baca Juga: Akui Persija Tim Bagus, Ezra Walian Bicara Kesiapan Persib Bandung

LIB baru akan memasukkan proposal permohonan izin itu setelah mengantongi rekomendasi dari Menpora.

Komentar