alexametrics

Ketum PSSI Pastikan Kinerja Wasit Piala Menpora 2021 Dievaluasi

Syaiful Rachman
Ketum PSSI Pastikan Kinerja Wasit Piala Menpora 2021 Dievaluasi
Menpora Zainudin Amali (kanan) dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

Piala Menpora 2021 sudah memasuki babak final.

Suara.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya akan mengevaluasi kinerja para wasit yang bertugas di Piala Menpora 2021.

"Kami akan mengevaluasi dan mendalaminya," ujar Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Pria yang biasa disapa Iwan Bule itu mengakui ada beberapa keputusan wasit yang keliru saat memimpin pertandingan pada turnamen pramusim tersebut.

Hal itu terjadi, Iriawan melanjutkan, karena Piala Menpora 2021 merupakan kompetisi perdana para wasit setelah Liga 1 dan Liga 2 Indonesia dihentikan mulai Maret 2020 karena pandemi COVID-19.

Baca Juga: Akui Persija Tim Bagus, Ezra Walian Bicara Kesiapan Persib Bandung

"Wasit sudah lama tidak memimpin pertandingan dan karena itu pasti ada 'human error'. Satu setengah tahun bukan waktu yang sebentar. Jadi mungkin mereka sempat tegang," tutur purnawirawan Polri berpangkat akhir Komisaris Jenderal Polisi itu.

PSSI, Iriawan menambahkan, tidak pernah absen mengingatkan wasit untuk selalu tampil netral pada setiap pertandingan Piala Menpora 2021.

Para wasit juga kerap ditanyakan soal apakah mereka menerima tekanan dari pihak tertentu atau tidak sebelum memimpin laga.

"Kami selalu menyampaikan supaya jangan berpihak. Ketika ditanyakan apakah ada tekanan, mereka jawab tidak ada. Kalau ada, tentu kami memberikan perlindungan. Namun, jika mereka mencoba untuk melakukan hal di luar ketentuan, tentu PSSI akan menindak wasit tersebut," kata Iriawan.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 berlangsung sejak 21 Maret dan akan berakhir pada 25 April 2021.

Baca Juga: Persija vs Persib di Final, Ini Pesan Sudirman & Marc Klok Buat Jakmania

Saat ini, kompetisi sudah sampai babak final yang mempertemukan Persija dan Persib.

Komentar