alexametrics

Kendala Bahasa Asnawi Mangkualam di Korsel Mulai Bisa Diatasi

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Kendala Bahasa Asnawi Mangkualam di Korsel Mulai Bisa Diatasi
Debut Asnawi Mangkualam bersama Ansan Greeners. (Twitter/@KLeagueUnited)

Asnawi kini berkarier di Korsel bersama tim K-League 2, Ansan Greeners

Suara.com - Pemain asal Indonesia, Asnawi Mangkualam mengaku kendala bahasa yang sempat dialaminya sudah mulai bisa diatasi. Pasalnya, ia kini punya penerjemah yang membantunya ketika latihan.

Seperti diketahui, Asnawi kini berkarier di Korea Selatan (Korsel) bersama tim K-League 2, Ansan Greeners. Tentunya, bahasa yang berbeda membuat proses adaptasi Asnawi bakal terhambat.

Selain sudah ada penerjemah, pemain berusia 21 tahun itu kini sedang belajar bahasa Korsel. Namun, ia mengaku apa yang dipelajarinya masih bahasa dasar.

"Soal bahasa sekarang audah aman. Setiap latihan ada penerjemah dari bahasa Korea ke Indonesia. Saya di sini juga sambil belajar bahasa Korea," kata Asnawi saat bincang virtual dengan awak media, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Lebaran Sendirian di Korsel, Asnawi Mangkualam: Sedih Jauh dari Keluarga

"Teman-teman di sini juga ada yang bisa bahasa inggris. Jadi tentunya dibantu oleh teman-teman juga di sini," tambah penggawa Timnas Indonesia tersebut.

Lebih lanjut, Asnawi mengaku bahasa sepakbola hampir sama. Oleh karena itu baginya tidak begitu sulit mengerti apa yanng disampaikan, terutama dari pelatih.

"Right-left, one-two, passing. Bahasa sepakbola hampir sama pakai bahasa Inggris. Crossing, throw in pakai bahasa Inggris," jelasnya.

"Tapi saya tetap masih belajar kata-kata hangeul. Baru hafalin sih, masih belum tahu juga artinya apa," pungkasnya.

Kabar terbaru Asnawi sedang mengalami cedera hamstring. Mantan pemain PSM Makassar ini pun harus beristirahat selama dua pekan.

Baca Juga: Soal Jabatan Manajer Timnas Indonesia, Raffi Ahmad Sadar Diri

Asnawi juga dipanggil oleh Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk training camp (TC) untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Uni Emirat Arab (UEA), di Dubai awal Juni mendatang.

Komentar