alexametrics

Lebaran Sendirian di Korsel, Asnawi Mangkualam: Sedih Jauh dari Keluarga

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Lebaran Sendirian di Korsel, Asnawi Mangkualam: Sedih Jauh dari Keluarga
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat foto bersama Asnawi Mangkualam yang kini bermain untuk Ansan Greeners. (Instagram/shintaeyong7777)

Asnawi tidak bisa pulang ke Indonesia untuk berlebaran.

Suara.com - Asnawi Mangkualam mengaku ikhlas menerima kenyataan dirinya berlebaran di Korea Selatan. Sebagaimana diketahui, Asnawi saat ini bermain untuk tim K-League 2, Ansan Greeners.

Pemain yang sebelumnya berseragam PSM Makassar tidak menampik perasaan sedih berlebaran sendirian di negeri orang. Tapi paling tidak, komunikasi setiap hari dengan keluarga membuat rasa rindunya terobati.

"Memang sedih jauh dari keluarga. Paling lebaran telepon atau video call ngobrol sama keluarga. Tapi, saya hampir setiap hari berhubungan dengan keluarga, jadi tidak ada kangen rumah," kata Asnawi saat bincang virtual dengan awak media, Selasa (4/5/2021).

Asnawi Mangkualam menceritakan kisahnya bisa bergabung dengan tim K-League 2, Ansan Greeners FC (tangkapan layar virtual zoom PSSI Pers)
Asnawi Mangkualam menceritakan kisahnya bisa bergabung dengan tim K-League 2, Ansan Greeners FC (tangkapan layar virtual zoom PSSI Pers)

Di hari lebaran nanti, Asnawi juga belum bisa membuat rencana. Di Korsel, selama pandemi Covid-19 seluruh kegiatan dibatasi sehingga sulit beraktivitas.

Baca Juga: Resmi Jadi Pemain Terbaik Edisi April, Asnawi: Kekuatan Netizen Indonesia!

"Kalau soal aktivitas merayakan lebaran belum ada. Situasi sekarang tidak memungkinkan bersama WNI di Indonesia," jelas Asnawi.

"Apalagi di sini (Korea Selatan) kurang bagus, terlalu ketat. Kalau ada apa-apa takutnya karantina lagi. Jadi di rumah saja tapi keluar tak apa-apa, resikonya kita tanggung sendiri," ia menambahkan.

Lebih lanjut, Asnawi mengaku tetap menjalani ibadah puasa. Meski tidak full karena ada pertandingan yang harus dijalani.

"Kalau lagi match saya tidak puasa, latihan puasa. Kalau ngabuburit di kamar nonton film saja sih," pungkasnya.

Baca Juga: Pelatih Ansan Greeners Berat Hati Lepas Asnawi ke Timnas Indonesia

Komentar