alexametrics

Ronaldo Fit tapi Tak Main di Laga Vital Lawan Bologna, Ini Penyebabnya

Rully Fauzi
Ronaldo Fit tapi Tak Main di Laga Vital Lawan Bologna, Ini Penyebabnya
Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo (tengah) menyaksikan timnya berlaga dari bangku cadangan pada pertandingan Liga Italia 2020/2021 kontra Bologna, Senin (24/5/2021). [ANDREAS SOLARO / AFP]

Cristiano Ronaldo hanya jadi penghangat bangku cadangan di laga pekan terakhir Liga Italia, yang sejatinya amat vital buat Juventus.

Suara.com - Ada yang menarik saat Juventus melakoni partai tandang pekan pamungkas Liga Italia 2020/2021 kontra Bologna, Senin (24/5/2021) dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo yang bertatus megabintang Juventus, dicadangkan dan akhirnya sama sekali tak turun bertanding alias cuma jadi penghangat bangku cadangan di sepanjang laga.

Padahal, laga di Stadio Renato Dall'Ara tersebut sejatinya amat vital untuk dimenangi Juventus, demi finis di empat besar klasemen akhir Liga Italia dan lolos ke Liga Champions musim depan.

Juventus sendiri nyatatanya tetap bertaji meski tampil tanpa Ronaldo.

Baca Juga: Juventus Finis 4 Besar, Pirlo: Saya 100 Persen Bertahan!

Kemenangan telak 4-1 berhasil diamankan tanpa kontribusi sang megabintang, dengan Alvaro Morata kali ini muncul sebagai inspirator kemenangan Bianconeri dengan sumbangsih brace-nya.

Apa pun itu tentu muncul pertanyaan besar, mengapa pelatih Juventus, Andrea Pirlo mencadangkan Ronaldo dan akhirnya sama sekali tak menurunkan penyerang berusia 36 tahun itu?

Padahal, kapten Timnas Portugal tersebut berada dalam kondisi fit alias tidak sedang cedera.

Usai kemenangan atas Bologna, Pirlo pun mengungkapkan alasannya memarkir Ronaldo.

"Saya tahu ini (lawan Bologna) laga vital, tapi itu (mencadangkan Ronaldo) adalah keputusan bersama. Ia lelah setelah pertandingan Rabu (Kamis 20 Mei dini hari WIB) di final Coppa Italia (lawan Atalanta)," ungkap Pirlo seperti dimuat football-italia, Senin (24/5/2021).

Baca Juga: Finis Posisi Kelima, Gennaro Gattuso Tinggalkan Napoli

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo (kiri) berjalan bersama stafnya seusai laga Liga Italia 2020/2021 kontra Bologna, Senin (24/5/2021). [ANDREAS SOLARO / AFP]
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo (kiri) berjalan bersama stafnya seusai laga Liga Italia 2020/2021 kontra Bologna, Senin (24/5/2021). [ANDREAS SOLARO / AFP]

"Dengan alasan itu, jadi saya memutuskan untuk memulai pertandingan dengan Morata, pemain hebat lainnya yang kami miliki. Sesimpel itu," sambung pelatih berusia 42 tahun tersebut.

"Ronaldo tersedia untuk laga ini, tetapi saya memiliki skuad yang dalam dan saya dapat memilih banyak pemain berbeda," ucap Pirlo.

Pirlo pun menekankan bahwa tujuan atau target tim di atas segalanya. "Bagi saya, penting untuk menyelesaikan tugas. Memenangi Coppa Italia dan lolos ke Liga Champions, yang tak lain adalah target yang sangat penting," tukasnya.

Meski tak mencatatkan menit bermain di laga pekan terakhir, Ronaldo sendiri tetap berhasil menyabet gelar Top Skor Liga Italia musim ini dengan torehan 29 gol, unggul lima gol atas bomber Inter Milan, Romelu Lukaku.

Ini adalah gelar Capocannoniere alias gelar Top Skor Liga Italia pertama bagi Ronaldo, yang diraihnya di musim ketiga berseragam Juventus.

Sementara berkat kemenangan 4-1 atas Bologna, Juventus mengakhiri musim di peringkat keempat klasemen Liga Italia 2020/2021, unggul satu poin atas Napoli yang turun ke peringkat kelima pasca ditahan Hellas Verona 1-1 di laga dini hari tadi.