alexametrics

Hasil Italia vs Swiss: Locatelli antar Gli Azzurri ke Babak 16 Besar

Arief Apriadi
Hasil Italia vs Swiss: Locatelli antar Gli Azzurri ke Babak 16 Besar
Gelandang tim nasional Italia Manuel Locatelli (kanan) mengacungkan dua jarinya seusai mencetak gol keduanya ke gawang Swiss dalam lanjutan Grup A Euro 2020 di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Rabu (16/6/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Mike Hewitt)

Kemenangan atas Swiss membuat Italia mengoleksi enam poin dan dipastikan finis setidaknya di dua tempat teratas klasemen Grup A Euro 2020.

Suara.com - Timnas Italia berhasil mengamankan tiket ke babak 16 besar Euro 2020 setelah mengalahkan Swiss 3-0 dalam matchday kedua Grup A, di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. Manuel Locatelli jadi pahlawan kemenangan Gli Azzurri dengan torehan dua gol.

Kemenangan tersebut membuat Italia kembali ke puncak klasemen Grup A, setelah sempat digusur oleh Wales selama beberapa jam.

Dengan raihan enam poin, Italia dipastikan akan finis setidaknya di dua tempat teratas klasemen akhir Grup A, demikian dilansir Antara dari laman resmi UEFA.

Locatelli memang menjadi salah satu calon bintang turnamen dan ia memanfaatkan penuh kesempatan yang didapat menyusul cedera yang hingga kini masih membekap pilihan utama Roberto Mancini, Marco Verratti.

Baca Juga: Daftar Skuad Slovakia di Euro 2020

Kepercayaan itu dibayar lunas oleh jebolan akademi AC Milan yang kini berseragamkan Sassuolo tersebut dengan memborong dua gol kemenangan Italia di laga kali ini. Satu gol lainnya dicetak oleh Ciro Immobile.

Locatelli membuka keunggulan Italia pada menit ke-26 saat ia berlari kencang dari tengah lapangan ke dalam kotak penalti Swiss untuk menyambut umpan tarik Domenico Berardi dengan sontekan mudah.

Gelandang berusia 23 tahun itu lantas menggandakan keunggulan Italia tujuh menit memasuki babak kedua dengan kecermatannya melepaskan tembakan dari tepian kotak penalti yang membuat kiper Yann Sommer mati langkah.

Swiss sempat berpeluang membalas pada menit ke-64 ketika Steven Zuber memaksa kiper Gianluigi Donnarumma melakukan penyelamatan gemilang di area tiang dekat. Bola yang masih hidup berusaha dikirimkan oleh Zuber ke arah Breel Embolo, tetapi Donnarumma segera mengamankannya.

Permainan Swiss yang tak kunjung berkembang berhasil dimanfaatkan oleh Italia untuk menyimpan tenaga mereka. Bahkan semenit jelang bubaran waktu normal Immobile melengkapi kemenangan tuan rumah jadi 3-0.

Baca Juga: Selebrasi Dianggap Menghina, Marko Arnautovic Absen di Laga Belanda Vs Austria

Menerima umpan dari Rafael Toloi yang sebelumnya mencuri bola dari Djibril Sow, Immobile melepaskan tembakan spekulatif dari luar kotak penalti yang gagal dihentikan oleh Sommer.

Komentar