alexametrics

Euro 2020: Gareth Bale Gagal Penalti, Wales Tetap Gulung Turki 2-0

Rully Fauzi
Euro 2020: Gareth Bale Gagal Penalti, Wales Tetap Gulung Turki 2-0
Megabintang Timnas Wales, Gareth Bale (kanan) merayakan gol kedua timnya ke gawang Turki pada laga Grup A Euro 2020 di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB. [VALENTYN OGIRENKO / POOL / AFP]

Wales membuka kans mereka lolos ke babak 16 besar, sementara Turki hampir pasti tersingkir di fase grup.

Suara.com - Timnas Wales sukses menumbangkan Timnas Turki 2-0 pada laga matchday 2 Grup A Euro 2020 yang rampung Kamis (17/6/2021) dini hari WIB di Baku Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan.

Gol dari Aaron Ramsey pada menit ke-42 serta Connor Roberts (90+5') memastikan raihan tiga poin bagi Wales.

The Dragons --julukan Timnas Wales-- bahkan bisa menang lebih besar lagi andai megabintang sekaligus kapten mereka, Gareth Bale berhasil mengonversi penalti di babak kedua.

Dengan kemenangan ini, Wales pun membuka kans mereka lolos ke babak 16 besar Euro 2020. 

Baca Juga: Timnas Indonesia akan Tampil di Play-off Kualifikasi Piala Asia, Ini Calon Lawannya

Wales sementara naik ke puncak klasemen Grup A dengan raihan empat poin, sambil menunggu hasil laga Italia kontra Swiss yang baru berlangsung lebih larut.

Raihan empat poin praktis membuat Wales berpeluang besar untuk lolos ke fase gugur, entah sebagai dua tim teratas klasemen akhir Grup A maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik turnamen.

Sementara itu dengan dua kekalahan dari dua laga, Turki hampir pasti tereliminasi dari turnamen. Hakan Calhanoglu dan kawan-kawan terbenam di dasar klasemen Grup A dengan nirpoin dan selisih gol -5.

Jalannya Pertandingan

Di 30 menit pertama, baik Wales maupun Turki sejatinya saling jual-beli serangan. Wales kerap mengancam lewat Gareth Bale dan juga kecepatan Daniel James dari sisi sayap.

Baca Juga: Eriksen Kena Serangan Jantung, Denmark Minta UEFA Ubah Prosedur Pertandingan

Sementara itu, Turki menghadirkan beberapa teror membahayakan untuk Wales lewat situasi set-piece, kreasi dari playmaker AC Milan, Hakan Calhanoglu.

Setelah laga babak pertama tampak akan berakhir nirgol, Aaron Ramsey memecah kebuntuan untuk timnya dan membawa Wales unggul 1-0.

Menit ke-42, Bale tampak sedikit mundur ke belakang untuk mendapatkan bola. Ia kemudian melepas umpan lambung yang brilian ke kotak penalti, yang sukses membelah barisan pertahanan Turki.

Datang dari belakang, Ramsey yang merangsek ke kotak penalti lepas dari pengawalan, sebelum mengontrol bola dengan dada dan lantas melakukan finishing yang mengecoh kiper Turki. Benar-benar gol yang cantik!

Wales pun berhasil menjaga keunggulan 1-0 mereka itu sampai babak pertama rampung.

Turki memasuki babak kedua dengan agresivitas lebih tinggi, dan memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-54 saat Ayhan mengirim umpan sundulan ke muka gawang.

Sayang sekali, penyerang andalan sekaligus kapten Turki, Burak Yilmaz malah melakukan tendangan voli yang melambung tinggi di atas sasaran.

Empat menit berselang, kiper Turki Ugurcan Cakir melakukan penyelamatan gemilang, membendung tembakan jarak dekat Ramsey yang berusaha menggandakan keunggulan Wales.

Wales memperoleh kesempatan bagus untuk betul-betul menggandakan keunggulan mereka saat mendapat hadiah tendangan penalti, tapi Bale yang jadi algojo pada menit ke-61 malah melepaskan sepakan tinggi di atas mistar gawang.

Setelah momen itu, Bale nyaris segera membayar kesalahannya dengan memotong umpan sapuan Cakir. Sayang, bola berakhir di samping gawang Turki.

Turki terus berusaha menyamakan kedudukan, dan hampir berhasil melakukannya lewat tandukan tajam Merih Demiral dalam situasi sepak pojok pada menit ke-87. Sayang, kiper Wales Danny Ward bereaksi sigap untuk menepis bola.

Drama terjadi di dalam kotak penalti Wales tepat di pengujung waktu normal, ketika Yilmaz kurang senang dengan reaksi berlebih bek Wales, Joe Rodon dan hal itu menimbulkan konfrontasi antara pemain kedua tim yang berujung empat kartu kuning dari wasit.

Wales dengan tenang terus menjaga keunggulan mereka dan pada menit kelima injury time, Bale dengan cermat mengirim umpan tarik untuk diselesaikan Connor Roberts yang mengunci kemenangan 2-0 atas Turki.

Rangkaian pertandingan penutup Grup A akan dimainkan pada Minggu (20/6/2021) malam WIB, saat Wales bertandang ke Roma menghadapi Italia dan Turki bertemu Swiss di Baku.

Susunan Pemain

Turki XI: Cakir; Zeki Celik, Kaan Ayhan, Caglar Soyuncu, Umut Meras; Okay Yokuslu; Kenan Karaman, Hakan Calhanoglu, Ozan Tufan, Cengiz Under; Burak Yilmaz.

Pelatih: Senol Gunes (Turki)

Wales XI: Ward; Roberts, Mepham, Rodon, Davies; Morrel, Allen; Bale, Ramsey, James; Moore.

Pelatih Interim: Rob Page (Wales)

Komentar