alexametrics

Pekan Depan, Shin Tae-yong Gelar TC Timnas U-19 untuk Piala Dunia U-20 2023

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Pekan Depan, Shin Tae-yong Gelar TC Timnas U-19 untuk Piala Dunia U-20 2023
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong di pinggir lapangan pada laga uji coba kontra Bali United di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/3/2021) malam. [dok. PSSI]

Indonesia akan tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dijadwalkan menggelar training camp (TC) sebagai bekal calon pemain yang bakal tampil di Piala Dunia U-20 2023. Rencananya, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 berlangsung di Jakarta pekan depan.

Seperti diketahui, Indonesia akan tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Ini setelah FIFA batalkan Piala Dunia U-20 di mana Indonesia seharusnya mendapat jatah tuan rumah pada 2021.

Pandemi Covid-19 yang membuat event tersebut ditunda penyelenggaraannya oleh FIFA. Padahal, Indonesia terbilang sudah melakukan persiapan yang sangat matang dari segi penyelenggaraan hingga prestasi.

Kini, Shin Tae-yong harus mencari generasi baru karena pemain-pemain sebelumnya tak bisa lagi tampil di Piala Dunia U-20 2023 karena faktor usia.

Baca Juga: Punya Keistimewaan, Pratama Arhan Diincar Klub K-League 1

Pemain yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 ini adalah kelahiran maksimal 2003. Seleksi akan dimulai pekan depan, namun tergantung situasi Covid-19 di Jakarta.

"Seleksi Timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 di tingkat Asprov (Asosiasi Provinsi) sudah selesai. Sekarang tinggal dipanggil ke Jakarta untuk TC," kata Yunus Nusi saat dihubungi oleh awak media, Senin (21/6/2021).

"Rencana memang minggu depan. Tapi kami masih menunggu situasi dan kondisi terkini dari pemerintah DKI Jakarta terkait Covid-19," tambah mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Adapun Shin Tae-yong belum lama ini selesai mendampingi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) dengan hasil yang kurang memuaskan.

Shin Tae-yong bersama stafnya dikabarkan tak langsung kembali ke Korea Selatan usai kejuaraan tersebut. Tim pelatih sudah berada di Jakarta dan sedang merancang program hingga evaluasi Timnas Indonesia selama di Dubai bersama PSSI.

Baca Juga: Gabung Timnas Indonesia atau Tidak, Nasib Ezra Walian Ada di Tangan Shin Tae-yong

Komentar