alexametrics

Profil Robin Gosens, Wing-back Atalanta Andalan Jerman di Euro 2020

Rully Fauzi
Profil Robin Gosens, Wing-back Atalanta Andalan Jerman di Euro 2020
Wing-back Timnas Jerman, Robin Gosens melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Portugal pada laga Grup F Euro 2020, Sabtu (19/6/2021). [Matthias Hangst / POOL / AFP]

Penetrasi-penetrasi Gosens dari flank kiri tentunya akan kembali diharapkan Jerman di laga kontra Hungaria, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB.

Suara.com - Tampil cemerlang di level klub dalam beberapa musim terakhir bersama Atalanta, Robin Gosens kini muncul sebagai salah satu senjata mematikan Timnas Jerman di ajang Euro 2020. Berikut profil singkat wing-back berusia 26 tahun itu.

Tampil apik bersama Atalanta di kancah domestik maupun Eropa, Gosens sendiri baru 'diakui' oleh Timnas Jerman pada Agustus 2020 lalu, saat mendapatkan panggilan tugas negara untuk pertama kalinya dari pelatih Joachim Low.

Semenjak itu, sang pemain kidal sejauh ini telah membukukan 9 caps bersama Die Mannschaft --julukan Timnas Jerman, termasuk tampil sensasional dalam kemenangan 4-2 atas Portugal di laga matchday 2 Grup F Euro 2020, Sabtu (19/4/2021) lalu.

Kehadiran sosok Gosens di sayap kiri Jerman benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Portugal. Ia bahkan mencetak satu gol pada menit ke-60 yang membawa Jerman unggul 4-1 atas Portugal.

Baca Juga: Slovakia vs Spanyol: Jadwal Kick-off dan Link Live Streaming

Wing-back Timnas Jerman, Robin Gosens. [PHILIPP GUELLAND / POOL / AFP]
Wing-back Timnas Jerman, Robin Gosens. [PHILIPP GUELLAND / POOL / AFP]

Tak hanya itu, wing-back bertinggi 183 cm itu juga merupakan pemberi assist untuk gol ketiga Jerman yang dicetak Kai Havertz, serta gol pertama yang lahir dari bunuh diri bek Portugal, Ruben Dias.

Tak ayal, Gosens terpilih sebagai 'Star of the Match' alias pemain terbaik laga tersebut versi panel resmi UEFA.

Saat ini, Jerman tengah bersiap menjalani laga matchday pamungkas Grup F kontra Hungaria yang akan dihelat di Allianz Arena, Munich, Kamis (23/6/2021) dini hari WIB nanti.

Tentu, penetrasi-penetrasi Gosens dari flank kiri akan kembali diharapkan Die Mannschaft menghadapi solidnya barisan pertahanan Hungaria, yang akan jadi laga penentu kelolosan pasukan Joachim Low ke babak 16 besar Euro 2020.

Profil Singkat Robin Gosens

Baca Juga: Euro 2020: Polandia Tatap Pertandingan Kontra Swedia Laiknya Laga Final

Pria yang memiliki nama lengkap Robin Everardus Gosens ini lahir pada 5 Juli 1994 di Emmerich, Jerman.

Meski berkebangsaan Jerman, Gosens memulai perjalanan sepakbolanya dengan gabung tim akademi klub Belanda, Vittese, usai memutuskan merantau dari negaranya pada 2012.

Sempat dipinjamkan ke klub divisi dua Belanda, Dordrecht, Gosens rupanya tak mendapatkan kesempatan naik ke tim utama Vittese. Ia akhirnya gabung Heracles Almelo dengan status free transfer pada 2015.

Well, tak butuh lama bagi Gosens untuk kemudian bermain di Eredivisie, kompetisi kasta tertinggi di Negeri Kincir Angin, karena di musim pertamanya sang wing-back langsung dilibatkan dalam tim utama Heracles.

Karier Gosens semakin bersinar setelah direkrut klub Italia, Atlanta pada 2017, sebagaimana ia konsisten bermain di level tertinggi, yakni Liga Italia dan juga Liga Champions dalam beberapa musim terakhir bersama La Dea.

Menariknya, sebagai orang Jerman, Gosens sampai sekatang belum memiliki pengalaman bermain di Bundesliga.

Gosens masih terikat kontrak di Atalanta sampai 2023, dan bisa dipastikan jika klub Bergamo itu ogah kehilangan sang aset berharga dalam waktu dekat. 

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar