alexametrics

PSSI Tutup Rangkaian Seleksi Timnas Indonesia U-16 dan U-19 di Kepulauan Riau

Syaiful Rachman
PSSI Tutup Rangkaian Seleksi Timnas Indonesia U-16 dan U-19 di Kepulauan Riau
Pemain sepak bola Kepri ikut seleksi Timnas U-16 dan U-19 dj Lapangan Sri Tri Buana Pulau Dompak, Tanjungpinang, Rabu (30/6). (Ogen)

Fisik, kerja keras, mental, dan taktik seorang pemain jadi patokan dalam seleksi tersebut.

Suara.com - PSSI berburu pemain timnas Indonesia U-16 dan U-19 di Kepulauan Riau (Kepri), sebagai provinsi terakhir dari semua rangkaian seleksi yang dilakukan se-Indonesia.

"Kepri ini agak spesial karena jadi penutup proses seleksi, artinya semua provinsi sudah melakukannya," kata Asisten Pelatih Timnas Senior dan U-19 Alex saat menggelar seleksi pemain U-16 dan U-19 di Lapangan Sri Tri Buana Pulau Dompak, Tanjungpinang, Rabu (30/6/2021).

Alex menyebut pemain yang lolos dalam seleksi ini akan mengikuti seleksi tingkat nasional di Jakarta yang direncanakan pada awal bulan Juli 2021.

"Jadwal pasti pelaksanaannya masih disusun, karena menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: Southgate Beberkan Resep Jitu di Laga Inggris Vs Jerman, Salah Satunya Main Pakai Otak

Menurut Alex, pada seleksi kali ini pihaknya menekankan empat faktor penting yang harus dimiliki seorang pemain sepak bola, yakni fisik, kerja keras, mental, dan taktik.

Pemain dengan kualifikasi tersebut, katanya, sangat potensial mengenakan seragam skuad garuda.

"Kami melihat bagaimana tindakan pemain saat berada di lapangan, mulai dari kerja keras, mentalitas, kerjasama tim, hingga konsisten dalam ketahanan fisik sejak menit awal hingga akhir permainan," ungkap Alex.

Sementara itu, Asisten Pelatih Timnas U-16 Firmansyah berharap ada pemain dari Kepri yang lolos seleksi menuju ke tingkat nasional, kendati seleksi berikutnya sangat berat karena bakal bersaing dengan pemain-pemain dari provinsi lainnya di Indonesia.

"Kita sudah menyaring 167 pemain, kemudian disaring lagi jadi 67 pemain untuk ikut seleksi tingkat nasional, dan ini belum termasuk Kepri," sebutnya.

Baca Juga: Sistem Gaji 25 Persen Sudah Tak Berlaku, PSSI Serahkan Penuh ke Klub

Dari rapor pemain Kepri yang ikut seleksi pada hari ini, menurutnya, ada beberapa pemain yang sudah dibidik karena dinilai memenuhi standar.

Komentar