alexametrics

Chiellini Dedikasikan Trofi Euro 2020 untuk Mendiang Davide Astori

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Chiellini Dedikasikan Trofi Euro 2020 untuk Mendiang Davide Astori
Kapten Timnas Italia, Giorgio Chiellini memegang trofi usai timnya juara Euro 2020. [JOHN SIBLEY / POOL / AFP]

Italia berhasil menjadi kampiun Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris.

Suara.com - Kapten Timnas Italia, Giorgio Chiellini mendedikasikan trofi Euro 2020 untuk mendiang Davide Astori, bek Fiorentina yang meninggal karena serangan jantung mendadak pada Maret 2018 lalu.

Italia berhasil menjadi kampiun Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris dalam laga final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, pada Senin (12/7/2021).

Gli Azzurri --julukan Timnas Italia-- menang lewat drama adu penalti dengan skor 3-2 setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

“Kami menyampaikan dedikasi kepada Davide Astori, kami ingin dia di sini bersama kami, dia selalu hadir dalam pikiran dan hati orang-orang yang bertemu dengannya," kata Chiellini dkutip dari Football-Italia, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Dianggap Pengecut karena Tak Mau Ambil Penalti, Jack Grealish Meradang

"Ini adalah tim yang tidak pernah putus asa, bahkan dalam kesulitan, saling mendukung dan mengutamakan kepentingan tim di atas individu,” ia menjelaskan.

Davide Astori adalah salah satu sosok penting di skuad Timnas Italia. Sebelum ditemukan meninggal di kamar hotel akibat serangan jantung mendadak, dia sempat mengecap 14 caps bersama Gli Azzurri.

Kapten Fiorentina Davide Astori [AFP]
Kapten Fiorentina Davide Astori [AFP]

"Jika kami berada di sini hari ini, itu bukan hanya karena penalti tambahan, tetapi karena kami berubah dengan berbagi persahabatan kami, salah satu perasaan terindah dalam hidup," beber Chiellini.

Skuad asuhan Roberto Mancini sudah kembali ke Italia sehari pasca menjuarai Euro 2020. Chiellini dan kawan-kawan pun berkesempatan bertemu dengan Presiden Italia Sergio Mattarella.

Trofi Euro kemudian dipamerkan ke masyarakat Italia meski awalnya dilarang karena adanya pandemi Covid-19. Namun, setelah adanya negosiasi parade juara pun diperbolehkan.

Baca Juga: Jadi Pemain Terbaik Euro 2020, Donnarumma: Kiper Terhebat Italia Tetap Buffon

“Kami memenangi negosiasi untuk dapat melakukan putaran ini untuk pendukung kami. Piala adalah milik mereka,” ujar tandem Chiellini di lini belakang italia, Leonardo Bonucci.

Komentar