alexametrics

Profil Syahrian Abimanyu, Pemain Indonesia Pertama yang Gabung JDT

Irwan Febri Rialdi
Profil Syahrian Abimanyu, Pemain Indonesia Pertama yang Gabung JDT
Pemain anyar Johor Darul Ta'zim asal Indonesia, Syahrian Abimanyu (dok. PSSI).

Syahrian Abimanyu merupakan salah satu talenta muda Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Suara.com - Indonesia memiliki cukup banyak talenta muda sepak bola yang potensial. Salah satu di antara mereka adalah Syahrian Abimanyu yang kini berstatus sebagai pemain dari klub Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Syahrian memiliki perjalanan karier yang cukup menarik sebelum akhirnya bisa berada di posisi seperti sekarang. Pria kelahiran Banjarnegara pada 25 April 1999 itu menimba ilmu di sekolah sepak bola (SSB) Jaya Mandiri Bogor.

Kesempatan untuk menimba ilmu lebih baik hadir buat Syahrian ketika ia berangkat ke Spanyol untuk menimba ilmu di salah satu akademi sepak bola Negeri Matador, Royal European Football Academy (REFA) di Valencia.

Kemampuan Syahrian yang menonjol membuatnya mendapat kesempatan tampil untuk Levante U-19. Setelah pulang dari Spanyol, Syahrian bergabung dengan beberapa klub Tanah Air.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs UEA, Syahrian Abimanyu: Kami Siap Ladeni Tantangan Lawan

Sriwijaya menjadi klub Liga 1 pertama yang dibela Syahrian untuk mengarungi kompetisi di tahun 2018. Setelah dari Sriwijaya, Syahrian pindah ke Madura United untuk berkompetisi di Liga 1 2019.

Kemampuan Syahrian sebagai gelandang serang semakin berkembang yang membuat namanya masuk skuat Timnas Indoensia U-23 ke SEA Games 2019 di Filipina. Syahrian mengantarkan Indonesia meraih medali perak usai dikalahkan Vietnam di final.

Syahrian juga mendapat kesempatan dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Syahrian menjalani debut di timnas senior pada 25 Mei pada laga persahabatan melawan Afghanistan.

Karena kompetisi sepak bola di Indonesia tak bisa dilanjutkan lantaran pandemi COVID-19, Syahrian memutuskan berkelana ke luar negeri. Pada Desember 2020, JDT resmi memperkenalkan Syahrian Abimanyu sebagai rekrutan anyar mereka.

Syahrian mendapatkan kontrak jangka panjang, namun sesuai kesepakatan di dalam kontrak, Syahrian akan dipinjamkan ke klub lain. JDT nyatanya meminjamkan Syahrian ke salah satu klub Liga Australia, Newcastle Jets, hingga A-League 2020/21 selesai.

Baca Juga: Profil Syahrian Abimanyu, The Next Wonderkid Indonesia

Syahrian Abimanyu lantas pulang ke JDT pada Juni lalu dan bersiap mengarungi Liga Super Malaysia 2021.

Komentar