alexametrics

Mengenal Zion Suzuki, Kiper Timnas Jepang Keturunan Afrika untuk Olimpiade 2020

Irwan Febri Rialdi
Mengenal Zion Suzuki, Kiper Timnas Jepang Keturunan Afrika untuk Olimpiade 2020
Kiper Jepang keturunan Ghana, Zion Suzuki. (Dok. FIFA)

Jepang memiliki kiper keturunan Ghana di Olimpiade 2020.

Suara.com - Timnas Jepang telah menyeleksi 22 pemain terbaiknya untuk bersaing di Grup A Olimpiade 2020 yang berlangsung di Tokyo.

Pada pesta olahraga terbesar di dunia itu, timnas Jepang bakal bergabung satu grup dengan Prancis, Afrika Selatan, dan Meksiko.

Dari deretan nama-nama pemain yang terpilih, ada satu sosok yang mencuri perhatian. Ia adalah Zion Suzuki, seorang penjaga gawang keturunan Ghana.

Kiper yang kini berstatus sebagai pemain Urawa Reds Diamonds itu bakal menjadi benteng kokoh di bawah mistar gawang tim Samurai Biru.

Baca Juga: Gondol Emas, Misi Pamungkas Lifter Eko Yuli Irawan di Olimpiade Tokyo

Uniknya, kiper yang lahir dari ayah berkebangsaan Jepang dan Ibu berkebangsaan Ghana ini tak lahir di Negeri Samurai, melainkan di Amerika Serikat.

Namun, ia tumbuh besar di Saitama dan mulai mengenal sepak bola sejak Sekolah Dasar ketika menimba ilmu di Saitama Municipal Daito Elementary School.

Setelah lulus SD, dia melanjutkan studi di Kizaki Junior School. Pada masa-masa ini, ia yang saat itu berusia 11 tahun mulai bermain sebagai kiper.

Potensinya yang mencolok di banding pemain-pemain seusianya pun mencuri perhatian Urawa Reds Diamonds.

Pada akhirnya, Zion mulai berlatih sepak bola secara intensif setelah direkrut Urawa Red Diamonds Academy.

Baca Juga: Usain Bolt Optimis Rekor Impresifnya Takkan Patah di Olimpiade Tokyo

Setelah menimba ilmu bersama Urawa Reds sejak tahun 2013, Zion pada akhirnya mendapat kontrak profesional pada tahun 2021.

Komentar