alexametrics

Bukan Hanya Jadi Pemain, Otavio Dutra Juga Punya Tugas Lain di Persija

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Bukan Hanya Jadi Pemain, Otavio Dutra Juga Punya Tugas Lain di Persija
Otavio Dutra saat sedang berlatih bersama skuat Persija Jakarta (dok. Persija).

Tugas Dutra itu dilakukan untuk membantu rekan-rekan setim lainnya

Suara.com - Otavio Dutra ternyata tidak hanya bertugas pemain di Persija Jakarta. Bek naturalisasi berdarah Brasil itu ternyata punya tugas lain yaitu penerjemah.

Tugas Dutra itu dilakukan untuk membantu rekan-rekan setim lainnya yang kurang paham bahasa Inggris dari Pelatih Angelo Alessio.

“Di Persija, saya itu tidak cuma pemain, tapi juga penerjemah,” kata Dutra dalam keterangan resmi klub, Jumat (23/7/2021).

Seperti diketahui, sebagai pemain yang lahir di Brasil, Dutra sudah mahir berbahasa Indonesia. Bahkan, ia telah menguasainya sejak 2010.

Baca Juga: Rahmad Darmawan: Zulfiandi Prioritas untuk Isi Lini Tengah Madura United

Dutra pun menceritakan salah satu pengalamannya menjadi penyambung lidah Pelatih Angelo Alessio. Ketika itu, juru racik asal Italia itu meminta para pemain tidak melambungkan bola saat mengumpan, misalnya, Dutra membantu Angelo dengan memberitahukan istilah ‘bola bawah’.

Tak cuma Angelo, Dutra pun kerap membantu pemain lain seperti Marko Simic, Marco Motta, atau Yann Motta. Ketiganya memang belum terlalu lancar berbahasa Indonesia, terutama Yann Motta.

"Saya senang membantu mereka karena menurut saya, Tuhan akan membuka jalan untuk saya dan keluarga kalau membantu orang lain," terang Dutra.

"Bukan balasan terkait uang dan materi, tapi bisa lewat kesehatan saya dan keluarga," tambah mantan pemain Bhayangkara FC tersebut.

Perihal keinginan besar bisa berbahasa Indonesia, Dutra pun terkenang momen awal belajar bahasa. Sesuatu yang dinilainya sebagai kejadian kocak dan tidak terlupakan.

Baca Juga: Direktur Persija Beberkan Sosok Rohit Chand Sebenarnya

"Saya waktu itu ingin bisa berbahasa Indonesia. Saya sampai mimpi berbicara dalam bahasa Indonesia,” pungkas Dutra.