alexametrics

APPI Surati Presiden Jokowi Minta Kompetisi Diizinkan, Bayu Gatra: Semoga Ditindaklanjuti

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
APPI Surati Presiden Jokowi Minta Kompetisi Diizinkan, Bayu Gatra: Semoga Ditindaklanjuti
Bayu Gatra (kiri). [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

APPI mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo untuk mengizinkan kompetisi kembali bergulir

Suara.com - Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo  (Jokowi), Kamis (29/7/2021). Surat yang memohon agar kompetisi sepakbola di Indonesia kembali digulirkan itu berisikan curhatan pemain.

Surat terbuka tersebut ditandatangani langsung oleh Presiden APPI, Firman Utina dan Wakilnya Andritany Ardhiyasa. Selain itu, perwakilan pemain dari 18 klub Liga 1 2021/2022 juga ikut menandatanganinya.

Salah satu pemain yang ikut menandatangani surat untuk Jokowi itu adalah winger Madura United, Bayu Gatra. Ia berharap setelah ini bisa segera ada tindak lanjut dari pemerintah.

Menurut Bayu, bermain bola tidak sebatas hobi, melainkan sudah menjadi profesi yang bisa menjadi ladang penghidupan. Disampaikannya pula, sejumlah pemain sepak bola sudah rindu dan butuh adanya kompetisi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akui Pemerintah Kecolongan Munculnya Varian Delta di Indonesia

Itu demi keberlangsungan atlet profesional yang mengais rezeki di sepak bola. Sebab, sudah sangat lama tak ada kompetisi resmi di Indonesia.

"Semoga surat ini bisa sampai ke meja Pak Presiden Jokowi. Ini perwakilan isi hati pemain sepakbola profesional di Indonesia. Semoga segera ada tindak lanjut dan langkah yang baik setelah gerakan ini,” kata Bayu dikutip dari laman resmi Madura United, Jumat (30/7/2021).

Dalam surat itu, salah satu poin APPI menyampaikan pesepakbola profesional siap mematuhi protokol kesehatan ketat demi terselenggaranya kompetisi. Selain itu juga, hampir seluruh pemain yang ada di Liga 1 2021/2022 sudah menjalani program vaksinasi.

Surat tersebut menyampaikan komitmen untuk ikut berpartisipasi dalam mengkampanyekan upaya pemerintah menekan sebaran Covid-19.

Adapun Liga 1 2021/2022 dijadwalkan kick-off pada akhir Agustus mendatang. Namun, belum ada kepastiannya karena rekomendasi dari BNPB belum diberikan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Baca Juga: Driver Ojol Desak Jokowi Turun: Jangan Cengengesan di Atas Derita Rakyat, Cek Faktanya?

Komentar