alexametrics

Resep Punya Fisik Kuat ala Legenda Man United Park Ji-sung, Sering Minum Jus Kodok

Rauhanda Riyantama
Resep Punya Fisik Kuat ala Legenda Man United Park Ji-sung, Sering Minum Jus Kodok
Park Ji-sung saat masih bermain di Manchester United. (ANDREW YATES / AFP)

Karena punya fisik kuat, Park Ji-sung selalu jadi andalan di lini tengah Manchester United.

Suara.com - Park Ji-sung dikenal sebagai salah satu pemain yang tak kenal lelah. Siapa sangka, di balik fisik dan staminanya yang kuat, ternyata ia kerap minum jus kodok.

Nama Park Ji-sung melejit kala Manchester United memboyongnya dari PSV Eindhoven dengan harga 7,3 juta euro pada musim panas 2005 lalu.

Saat tiba, pria yang kini berusia 40 tahun tersebut diduga hanya menjadi cara agar Manchester United merebut pasar Korea Selatan dan diyakini kesulitan bermain di tim utama.

Namun, anggapan itu salah karena pelatih Manchester United kala itu, Sir Alex Ferguson, terbilang sering memainkan Park Ji-sung di setiap kompetisi.

Baca Juga: Pilih AC Milan Ketimbang Manchester United, Diogo Dalot: Saya Ingin Terus Berkembang

Sir Alex mempercayai Park Ji-sung karena fisik dan staminanya yang di atas rata-rata. Sebagai catatan, kala itu sepak bola Inggris masih memainkan gaya Kick n Rush dan pemain Asia yang rata-rata berpostur pendek diyakini kesulitan bermain di dalamnya.

Karena staminanya yang kuat tersebut, Park Ji-sung mendapat julukan ‘Three Lungs Park’ atau Park (namanya) yang punya tiga paru-paru.

Park Ji-sung saat masih bermain di Manchester United. (ANDREW YATES / AFP)
Park Ji-sung saat masih bermain di Manchester United. (ANDREW YATES / AFP)

Kelebihan yang dimiliki Park Ji-sung pun sempat membuat Sir Alex menyesal hingga saat ini. Penyesalan itu hadir saat Sir Alex Ferguson United mengalahkan Chelsea di final Liga Champions 2007/08.

Kala itu, Sir Alex membuat keputusan sulit dengan mencadangkan Park Ji-sung akibat banyaknya pemain berkelas di posisi itu. Kendati timnya menang, pria asal Skotlandia ini tetap menyesal.

“Masalah saya di final 2008. Mungkin sayang menyesalinya bahkan sampai saat ini. Saya mencadangkan Ji-sung Park sepenuhnya di final,” tutur Sir Alex dikutip dari Sportbible.

Baca Juga: Dean Henderson Dicoret dari Kamp Latihan Manchester United, Kenapa?

Dengan kelebihan yang ia miliki, banyak orang bertanya-tanya. Kira-kira apa yang membuat Park Ji-sung punya stamina dan fisik kuat?

Komentar