facebook

PON Papua: Tim Sepakbola Aceh Asuhan Fakhri Husaini Jalani TC di Jawa Timur

Rully Fauzi
PON Papua: Tim Sepakbola Aceh Asuhan Fakhri Husaini Jalani TC di Jawa Timur
Pelatih tim sepakbola Aceh untuk PON Papua, Fakhri Husaini. [Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha]

Skuad tim sepakbola Aceh yang diberangkatkan berjumlah 20 pemain.

Suara.com - Tim sepakbola Aceh yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua bakal menjalani training camp (TC) alias pemusatan latihan di Surabaya, Jawa Timur, sebelum anak-anak asuh Fakhri Husaini itu bertolak menuju Bumi Cendrawasih.

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Aceh, Nazir Adam mengatakan tujuan dari pemusatan latihan di Pulau Jawa ini adalah untuk mematangkan persiapan mengingat persaingan di cabang olahraga sepakbola PON Papua bakal ketat.

"Tim diberangkatkan ke Surabaya hari ini. Selain pematangan tim, mereka juga dijadwalkan mengikuti sejumlah pertandingan uji coba," papar Nazir Adam seperti dilansir Antara, Rabu (1/9/2021)

Menurut Nazir Adam, tim sepakbola Aceh yang diberangkatkan ke Surabaya berjumlah 20 pemain, yang sebelumnya juga menjalani TC di Banda Aceh sejak Februari lalu. Mereka sebagian besar merupakan pemain tim Porwil Sumatera di Bengkulu pada 2019 di mana Aceh meraih medali emas.

Selama di Jawa Timur, kata Nazir Adam, ada tiga pertandingan uji coba yang diagendakan. Tim besutan Fakhri Husaini akan bertanding melawan tim PON dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, tim PON Provinsi Jawa Timur, serta dengan klub Liga 3 Persida Sidoarjo.

"Sebelumnya, uji coba dijadwalkan dengan Persebaya Surabaya. Namun karena Persebaya sudah ada jadwal kompetisi Liga 1, maka diganti dengan Persida. Persida merupakan peserta Liga 3 dan klub tertua di Jawa Timur," kata Nazir Adam menerangkan.

Baca Juga: Witan Sulaeman Resmi Berstatus Pemain Lechia Gdansk

Menyangkut dengan perkembangan pemain selama pemusatan latihan, Nazir Adam mengatakan berdasarkan laporan tim pelatih menunjukkan peningkatan performa, meski masih harus digenjot karena minimnya uji coba dengan tim yang selevel.

"Tim pelatih merasa belum puas, sehingga perlu pelatihan di Pulau Jawa dan menjalani pertandingan uji coba dengan sejumlah tim. Pelatih Fakhri Husaini ingin melihat hasil di Pulau Jawa dan menjadi bahan evaluasi sebelumnya berangkat ke PON Papua," pungkas Nazir Adam.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar