alexametrics

Profil Adilson Maringa, Kiper Tangguh di Bawah Mistar Gawang Arema FC

Rully Fauzi
Profil Adilson Maringa, Kiper Tangguh di Bawah Mistar Gawang Arema FC
Kiper andalan Arema FC, Adilson Maringa (kanan). [ANTARA/HO-Arema FC]

Adilson sudah membuktikan kualitasnya saat 10 pemain Arema FC mengimbangi PSM 1-1.

Suara.com - Kiper Arema FC, Adilson Maringa, mampu tampil solid mengawal gawang timnya saat menghadapi PSM Makassar pada laga pekan pembuka kompetisi Liga 1 2021-2022. Ketengguhan kiper berusia 31 tahun itu benar-benar mencuri perhatian. 

Dalam duel yang digelar di Stadion Pakansari, Minggu (5/9/2021) malam itu, Adilson Maringa membantu Arema FC menahan gempuran-gempuran PSM Makassar sepanjang laga.

Meskipun tim Singo Edan hanya bermain dengan 10 pemain pasca diusirnya Jayus Hariono saat laga baru berusia empat menit, tetapi mereka sukses mengimbangi permainan PSM.

Sepanjang laga, PSM memang menguasai permainan karena unggul jumlah pemain. Mau tak mau, Arema FC harus bermain bertahan.

Baca Juga: Lini Depan Arema FC Disorot, Ini Tanggapan Eduardo Almeida

Sesekali tim Singo Edan melancarkan skema serangan balik cepat ke jantung pertahanan PSM. Mereka tak bisa berbuat banyak karena kalah jumlah personel di atas lapangan.

Salah satu sosok penting di balik keberhasilan skuad asuhan Eduardo Almeida menahan gempuran PSM ialah Adilson Maringa.

Kiper berkebangsaan Brasil itu berhasil tampil impresif di bawah mistar gawang Arema FC. Beberapa penyelamatan krusial juga dilakukan Adilson sepanjang laga.

Setidaknya, Adilson mencatatkan empat kali penyelamatan. Aksi itu berjasa penting untuk membawa Arema FC terhindar dari kekalahan.

Profil Adilson Maringa

Baca Juga: Pelatih PSM Sanjung Penampilan Arema FC di Pekan Perdana Liga 1

 Adilson Maringa merupakan pemain kelahiran Maringa, Parana, Brasil, pada 22 Agustus 1990. Oleh karena itu, nama Maringa diambil dari kota kelahirannya tersebut. Sementara itu, saat ini usianya telah menginjak 31 tahun.

Postur tubuh Adilson Maringa sangat ideal untuk menunjang aksi-aksinya di bawah mistar gawang. Sebab, tinggi badannya mencapai 194 cm.

Sepanjang kariernya di dunia sepakbola, sebagian besar waktunya hanya dihabiskan di dua negara, yakni Brasil dan Portugal.

Tercatat ada empat klub asal Negeri Samba yang pernah disinggahi Adilson Maringa, yakni Rondonopolis, Formosa-GO, SE Gama, dan Mogi Mirim.

Keempat klub itu dibela Adilson mulai dari Desember 2014 hingga Juli 2017. Setelah itu, ia memutuskan memulai pengalaman baru di Eropa.

Pada 1 Juli 2017, Adilson Maringa resmi bergabung dengan klub Portugal, Pinhalnovense. Semenjak saat itu, ia berpindah-pindah klub.

Setidaknya, klub Portugal lainnya yang pernah menggunakan jasanya ialah Desportivo Aves, Beira-Mar, dan UD Vilafranquense.

Klub yang disebut terakhir itu menjadi kesebelasan terakhir yang diperkuat Adilson Maringa sebelum bergabung dengan Arema FC.

Dengan kata lain, Indonesia menjadi kompetisi sepak bola Asia pertama yang disinggahi oleh Adilson Maringa sepanjang kariernya.

Sebelumnya, penjaga gawang berusia 31 tahun ini diumumkan secara resmi sebagai rekrutan terbaru Arema FC pada 23 Juni lalu.

Saat itu dia diperkenalkan bersama satu pemain asing lain asal Jepang, yakni Renshi Yamaguchi, yang direkrut Arema FC untuk mengarungi musim anyar Liga 1.

[Muh Adif SetIawan]

Komentar