alexametrics

Mengenang Tito Vilanova, Pelatih Barcelona yang Meninggal karena Kanker

Irwan Febri Rialdi
Mengenang Tito Vilanova, Pelatih Barcelona yang Meninggal karena Kanker
Pelatih Barcelona Tito Vilanova bersiap mengangkat trofi La Liga bersama Eric Abidal pada tahun 2013. [AFP]

Tito Vilanova salah satu pelatih terbaik yang pernah Barcelona

Suara.com - Tak dimungkiri Tito Vilanova adalah sosok yang amat berjasa buat Barcelona. Memang, sih, ia hanya melatih Blaugrana selama satu musim, tapi perjalannya dalam mendampingi tim yang jadi pemicunya.

Vilanova menjalani musim yang luar biasa di La Liga tepatnya 2012/13. Dirinya sukses mengantar Barcelona juara dengan raihan poin nyaris paripurna.

Berputar kembali saat Vilanova melatih, ia sukses memenangi 18 pertandingan dari 19 laga putaran pertama musim itu. Catatan itu juga dibarengi dengan kesuksesannya mencapai 100 poin di akhir musim.

Jalan Hidup Vilanova

Baca Juga: Sergi Roberto Sepakat Perpanjang Kontrak di Barcelona

Sebelum merasakan kejayaan, Vilanova adalah seorang pemain sepak bola yang jarang meraih prestasi. Pria yang lahir di Bellcaire d'Emporda tersebut tak pernah memperkuat klub besar.

Vilanova memulai karier di skuat Barcelona B pada musim 1988. Namun demikian, ia gagal masuk tim utama. Vilanova akhirnya didepak pada 1990 dan beralih memperkuat klub kecil, Figueres.

Dua musim lamanya dia di sana, Vilanova juga hanya mencatatkan 72 penampilan dan mengemas enam gol. Ia kembali dilepas klubnya dan pada 1992, Vilanova ditampung Celta Vigo yang saat itu bermain di La Liga.

Tiga musim memperkuat Celta, karier Vilanova jalan di tempat. Dari 1995 hingga pensiun pada 2001, Vilanova hanya mondar-mandir keluar masuk klub-klub kecil seperti Badajoz, Real Mallorca, Lleida, Elche, dan terakhir Gramenet dan pensiun.

Setelah pensiun, Vilanova beralih profesi menjadi direktur teknik di Tarrassa.  Pada 2007, ia direkrut Barcelona untuk menjadi asisten Pep Guardiola. Duet Vilanova-Guardiola berhasil memberikan prestasi untuk Barcelona B dan setahun kemudian mereka dipercaya untuk menangani tim senior El Barca.

Baca Juga: Curhat Pilu Andy Carroll, Dikira Sang Anak Gabung Man City padahal Pengagguran

Di musim pertamanya sebagai tangan kanan Guardiola, Vilanova sukses membantu Barca meraih gelar treble winner; juara La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Prestasi yang didapat Vilanova-Guardiola bahkan dilengkapi dengan trofi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar Klub.

Vilanova akhirnya naik jabatan setelah Guardiola memutuskan tak memperpanjang kontraknya dengan Barcelona. Pada 15 Juni 2012, ia resmi menandatangani kontrak sebagai pelatih Barcelona dengan durasi selama dua tahun.

Pada masa kepelatihannya, Vilanova sempat absen di beberapa laga. Sebab, dia didiagnosis menderita kanker kelenjar ludah pada Desember 2012 dan menjalani rangkaian operasi, kemoterapi, dan radioterapi selama 6 minggu.
Tugasnya untuk sementara dijalankan asistennya, Jordi Roura.

Medio 6-23 Januari 2013, Vilanova sempat menjalani come back melatih sebelum absen kembali dan melanjutkan tugasnya lagi pada April-Juli 2013. Vilanova akhirnya mengundurkan diri pada 19 Juli 2013 karena kondisinya terus menurun.

Setahun kemudian, 25 April 2014, ia meninggal dunia setelah berjuang melawan komplikasi penyakitnya dalam usia 45 tahun.

Penulis: Kusuma Alan

Komentar