alexametrics

Pemain yang Ikut TC Timnas Indonesia Diperbolehkan Main untuk Klub di Liga 1

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain yang Ikut TC Timnas Indonesia Diperbolehkan Main untuk Klub di Liga 1
Para pemain Timnas Indonesia U-23 bersama sang pelatih, Shin Tae-yong (kiri). [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Kelonggaran diberikan pelatih Timnas Indonesia mengingat Liga 1 sedang bergulir.

Suara.com - Timnas Indonesia saat ini sedang menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC) yang berlangsung di Jakarta pada 19-30 September 2021. TC tersebut dianggap banyak kalangan kurang ideal lantaran waktunya berbarengan dengan kompetisi Liga 1 2021/2022.

Akan tetapi, di dalam TC kali ini ada kelonggaran yang diberikan. Setiap pemain yang dipanggil ikut TC, dibolehkan bertanding bersama klubnya masing-masing di Liga 1.

Kelonggaran diberikan tim pelatih karena tahu klub butuh pemain-pemain tersebut. Apalagi, jarak antara pertandingan pekan ketiga dan keempat sangatlah mepet.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat sedang memimpin latihan. (Dok. PSSI).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat sedang memimpin latihan. (Dok. PSSI).

Pekan keempat Liga 1 2021/2022 akan dimainkan pada 23-25 September mendatang yang artinya tidak mulai di akhir pekan. Para pemain bisa kembali ke klub dengan mudah karena pertandingan Liga 1 berlangsung di Jabodetabek.

Baca Juga: Analisis Media Vietnam: Kualitas Timnas Indonesia di Bawah Malaysia

"Pemain kita berikan kesempatan kembali ke timnya jika memang ada pertandingan. Nantinya setelah itu mereka akan kembali lagi mengikuti latihan bersama Timnas Indonesia," kata asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto ketika dihubungi awak media, Selasa (21/9/2021).

Dalam TC ini, Shin Tae-yong memanggil 36 pemain. Pemusatan latihan dilakukan untuk persiapan menghadapi play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, melawan Taiwan pada Oktober mendatang.

Shin Tae-yong pun telah menggelar latihan perdana dalam TC tersebut pada Senin (20/9/2021) pagi. Tidak ada materi berat yang diberikan mengingat para pemain masih akan berlaga bersama tim masing-masing.

Dari ke-36 nama yang dipanggil ternyata belum semuanya merapat. Masih ada enam pemain yang belum hadir memenuhi panggilan Shin Tae-yong.

"Dari nama-nama tersebut, sekarang masih ada enam pemain yang belum hadir. Kita tunggu saja nanti update terbarunya seperti apa," pungkasnya.

Baca Juga: Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Malaysia di Piala AFF, Siapa Unggul?

Komentar