alexametrics

Mengenal Teqball, Olahraga yang Digemari Pesepak Bola Top Dunia

Syaiful Rachman
Mengenal Teqball, Olahraga yang Digemari Pesepak Bola Top Dunia
Pelatih Timnas Meksiko Gerardo Martino bermain Teqball bersama asistennya dalam sesi latihan pada 28 Juli 2021. [AFP]

Selain menjadi wahana berlatih, teqball juga menjadi hiburan bagi pemain sepak bola.

Suara.com - Banyak alat untuk menunjang jenis latihan bagi pemain sepak bola di Eropa, dan teqball adalah salah satunya.

Teqball merupakan salah satu alat penunjang pemain dalam berlatih sepak bola. Selain sebagai alat berlatih, alat ini juga digunakan pemain untuk hiburan.

Jika pecinta sepak bola melihat isi markas latihan klub-klub Eropa saat ini, setidaknya pasti ada satu ada dua meja berbentuk melengkung yang tersedia. Meja itulah yang menjadi alat untuk bermain Teqball.

Pemain Timnas Meksiko bermain Teqball dalam sesi latihan pada 28 Juli 2021. [AFP]
Pemain Timnas Meksiko bermain Teqball dalam sesi latihan pada 28 Juli 2021. [AFP]

Teqball merupakan permainan yang menggabungkan olahraga pingpong atau tenis meja dan sepak bola. Maka jangan heran bila alat yang dipakai berbentuk meja melengkung dengan jaring di tengahnya seperti tempat untuk bermain tenis meja.

Baca Juga: Prediksi Real Madrid Vs Mallorca, Liga Spanyol 23 September

Pertama kali Teqball ditemukan pada 2012 oleh 3 sosok berbeda profesi yakni mantan pesepak bola bernama Gabor Borsanyi, seorang pengusaha bernama Gyorgy Gattyan dan ilmuwan bernama Viktor Huszar.

Ide pertama kali muncul dari Gabor Borsanyi yang kerap memainkan sepak bola di atas meja pingpong. Desain meja yang horizontal membuat bola sulit memantul dengan baik.

Hingga akhirnya Viktor Huszar memodifikasi bentuk meja dan lahirlah Teqball pertama pada 2014 silam dan baru diperkenalkan pada 2016 di Hungaria oleh pemain legendaris, Ronaldinho.

Meski dicap sebagai permainan semata, nyatanya Teqball menjadi salah satu alat untuk berlatih para pemain sepak bola saat ini. Maka tak mengherankan papan permainan Teqball ada di setiap markas latihan klub-klub Eropa dewasa ini.

Teqball: Alat Melatih Kontrol, Pengambilan Keputusan dan Akurasi Tendangan Pemain

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Salip Lionel Messi Menjadi Pesepak Bola Berpenghasilan Tertinggi

Permainan Teqball yang menggunakan kaki dan meja melengkung ternyata menjadi alat berlatih mumpuni untuk pesepak bola saat ini.

Komentar