alexametrics

PSSI Tak Terbuka soal Kasus Covid-19 di Piala Menpora, Kemenpora Kasih Teguran

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
PSSI Tak Terbuka soal Kasus Covid-19 di Piala Menpora, Kemenpora Kasih Teguran
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto. (ANTARA/HO-Kemenpora)

Kemenpora meminta PSSI selalu terbuka seperti halnya otoritas kompetisi basket IBL.

Suara.com - Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengaku pihak Kemenpora sempat menegur PSSI lantaran tidak terbuka mengenai adanya kasus terpapar Covid-19 di Piala Menpora 2021. Memang ada kasus positif dalam penyelenggaran turnamen pramusim itu.

Meski demikian, PSSI seperti menutup diri tidak mengumumkan apapun. Berbeda dari penyelenggaraan kompetisi basket IBL, di mana panitianya sangat terbuka terhadap adanya kasus Covid-19.

Oleh sebab itu, Kemenpora meminta PSSI belajar dari IBL. Sebab Covid-19 bukanlah aib, sehingga ada penanganan lanjutan yang bisa dilakukan.

"Piala Menpora dan IBL lalu itu ada yang terpapar. IBL yang paling jujur, setiap ada yang terpapar disampaikan kepada publik; 'pemain basket ini terpapar kemudian diisolasi'," kata Gatot saat bincang virtual pada Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Hasil Liga 1: Tira Persikabo Permak Barito Putera 3-0

"Kemarin PSSI agak kami tegur yah, tolong dong belajar dari IBL karena terbuka sekali. IBL sampai pemain A, klub B yang kena diberitahukan ke publik," sambungnya.

Meski begitu, secara keseluruhan penerapan prokes di Piala Menpora 2021 berjalan sukses. Itu dibuktikan dengan diizinkannya gelaran musim anyar Liga 1 yang sudah memasuki pekan keempat.

Berikutnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator akan menjalankan Liga 2 2021, yang akan start 26 September nanti.

Komentar