alexametrics

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Perkuat Tim Senior, Tak Ada Egy Maulana Vikri

Syaiful Rachman
Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Perkuat Tim Senior, Tak Ada Egy Maulana Vikri
Pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri melakukan selebrasi usai membobol gawang Taiwan (dok. PSSI).

Shin Tae-yong membawa serta sejumlah pemain timnas senior ke Tajikistan.

Suara.com - Menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong turut memanggil pemain yang tergabung di skuat senior.

Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga sulit kala menghadapi Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 grup G di Tajikistan.

Laga tersebut akan berlangsung dengan format dua leg atau dua pertandingan layaknya tim senior kala menghadapi Taiwan di Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pesepakbola Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi usai memasukkan bola ke gawang Taiwan pada leg kedua play-off kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021). [ANTARA FOTO/HO/Humas PSSI]
Pesepakbola Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi usai memasukkan bola ke gawang Taiwan pada leg kedua play-off kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021). [ANTARA FOTO/HO/Humas PSSI]

Hal tersebut terjadi lantaran dua negara lainnya yang tergabung di grup G yakni Brunei Darussalam dan China, mundur dari ajang ini karena berbagai alasan.

Baca Juga: Penyebab Redupnya Karier Ricardo Kaka di Real Madrid dan 4 Berita Bola Terkini

Mengingat lawan yang akan dihadapi adalah Australia dengan materi di atas rata-rata, Shin Tae-yong pun turut memanggil beberapa pemain U-23 yang sebelumnya tergabung di tim senior.

Para pemain muda di bawah usia 23 tahun ini sebelumnya turut disertakan dalam TC Timnas Indonesia senior dan dibawa dalam laga melawan Taiwan beberapa waktu lalu.

Sederet pemain dipanggil oleh Shin Tae-yong. Namun tiga di antaranya, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu dan Saddil Ramdani tak bisa dibawa karena dilarang klub dan cedera.

Berikut pemain timnas senior yang diboyong Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia U-23 di Tajikistan.

1. Asnawi Mangkualam

Baca Juga: Kronologi Egy Maulana Vikri Diajak Ribut Pemain Jepang Takuto Oshima

Pemain yang biasa beroperasi sebagai bek kanan di Ansan Greeners ini dibawa oleh Shin Tae-yong. Kemampuannya dalam menyisir sisi lapangan dan bisa menempati posisi gelandang bertahan akan menambah kekuatan di lini belakang Timnas U-23.

2. Pratama Arhan

Selain Asnawi Mangkualam di sisi kanan, Shin Tae-yong juga memanggil Pratama Arhan untuk memperkuat sisi kiri. Kemampuannya dalam bertahan akan menjadi kunci untuk meredam permainan Australia yang akan mengandalkan lebar lapangan dan umpan-umpan silang.

3. Muhammad Riyandi

Muhammad Riyandi pun tak ketinggalan dibawa Shin Tae-yong. Apalagi, penampilannya cukup baik saat mengisi pos penjaga gawang kala timnas senior Indonesia menghadapi Taiwan.

4. Muhammad Firli

Rekan Muhammad Riyandi di Barito Putera, Muhammad Firli, juga dibawa oleh Shin Tae-yong. Kendati tak turun di partai melawan Taiwan, ia sempat mengikuti TC tim senior. Kehadirannya diyakini akan membuat lini pertahanan Timnas U-23 kian solid.

5. Witan Sulaeman

Berbeda dengan Egy Maulana Vikri yang dilarang bergabung Timnas U-23 oleh klubnya, Witan Sulaeman mendapat restu untuk hadir membela Garuda Muda. Pengalamannya di level senior, termasuk saat melawan Taiwan, akan berguna nantinya kala menghadapi Australia.

6. Ramai Rumakiek

Sama seperti Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek menjadi salah satu nama yang menonjol di timnas senior kala berhadapan dengan Taiwan. Kecepatannya serta kelincahannya dalam menyisir lebar lapangan bisa menjadi kunci di laga melawan Australia nanti.

7. Gunansar Mandowen

Gunansar Mandowen sempat menjalani TC bersama timnas senior Indonesia jelang lawan Taiwan. Karenanya ia kembali dipanggil untuk mengikuti TC Timnas U-23 di Tajikistan.

8. Hanis Saghara

Di barisan penyerang ada nama Hanis Saghara yang tampil baik di BRI Liga 1 bersama Tira Persikabo 1973 sehingga sempat mengikuti TC timnas senior. Selain itu, ia punya pengalaman di Timnas U-19 yang membuatnya bisa jadi andalan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 nanti.

9. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat pun menjadi salah satu pemain yang dipanggil Shin Tae-yong di timnas senior. Dengan pengalaman matang di level klub, ia kembali dipanggil untuk membela Timnas U-23 di Tajikistan.

10. Rachmat Irianto

Andalan Persebaya Surabaya ini memang tak mengikuti TC di Tajikistan. Namun ia akan bergabung dengan Timnas U-23 pada 17 Oktober mendatang. Penampilan apiknya saat melawan Taiwan diharapkan mampu ditunjukkan saat menghadapi Australia.

11. Ernando Ari Sutaryadi

Kiper milik Persebaya Surabaya ini juga akan menjadi opsi di bawah mistar Timnas U-23 melawan Australia nanti. Namun, diyakini ia akan menjadi pelapis Riyandi yang tampil apik di tim senior.

12. Rizky Ridho

Masih dari Persebaya, ada nama Rizky Ridho yang juga dipanggil ke Timnas U-23. Ia akan menjadi salah satu opsi andalan di lini belakang untuk menghadapi gempuran Australia.

[Penulis: Zulfikar Pamungkas]

Komentar