alexametrics

Termasuk Cristiano Ronaldo, Berikut Penjualan Termahal Real Madrid Sepanjang Sejarah

Rully Fauzi
Termasuk Cristiano Ronaldo, Berikut Penjualan Termahal Real Madrid Sepanjang Sejarah
Cristiano Ronaldo saat masih berkostum Real Madrid. [Isabella BONOTTO / Update Images Press / AFP]

Tak hanya membeli, Real Madrid juga kerap melego pemain mereka dengan harga 'premium'.

Suara.com - Real Madrid memang dikenal cukup sering mengeluarkan banyak uang untuk belanja pemain. Tentu masih segar di ingatan saat Madrid membentuk tim bertabur bintang di awal 2000-an yang disebut Los Galacticos.

Hal serupa pernah dilakukan Real Madrid saat mendatangkan pemain-pemain bintang macam Cristiano Ronaldo, Kaka, Karim Benzema, hingga Gonzalo Higuain.

Namun, rupanya Real Madrid juga cukup cerdik dalam urusan penjualan pemain. Tak hanya membeli, Real Madrid juga kerap melego pemain mereka dengan harga 'premium' alias dengan harga tinggi.

Ada beberapa pemain yang tercatat sebagai penjualan termahal Real Madrid sepanjang sejarah. Siapa saja mereka?

1. Gonzalo Higuain

Dibeli dengan harga 12 juta euro dari River Plate, Higuain menjelma sebagai andalan meski usianya saat itu masih 18 tahun. Higuain sempat jadi andalan di musim 2008/09 hingga 2009/10.

Namun, setelah Benzema dan Ronaldo datang, dia harus rela berbagi menit bermain. Higuain pun akhirnya dijual ke Napoli pada 2013 dengan harga 39 juta euro setelah mencetak 107 gol di liga buat Madrid.

2. Raphael Varane

Madrid kehilangan duet andalan mereka di lini belakang setelah Sergio Ramos dan Raphael Varane hengkang di musim panas kemarin. Berbeda dengan Ramos yang pergi cuma-cuma ke PSG, Varane memberi pemasukan 40 juta euro atas transfernya ke Manchester United.

Bersama Madrid, Varane telah mencatatkan lebih dari 350 pertandingan lintas ajang dan meraih berbagai macam gelar. Dari La Liga, Copa del Rey, hingga Liga Champions.

3. Achraf Hakimi

Merupakan produk akademi Real Madrid, Hakimi gagal mendapat menit bermain di tim utama Madrid. Setelah dipinjamkan ke Borussia Dortmund, Hakimi dibeli Inter Milan dengan harga 40 juta euro pada Juli 2020.

Hanya satu musim di Inter, Hakimi kini bergabung dengan PSG dengan biaya transfer mencapai 60 juta euro.

4. Mesut Ozil

Setelah tampil apik di Piala Dunia 2010, Ozil dibeli Madrid dari Werder Bremen. Ozil langsung jadi idola di Santiago Bernabeu karena dianggap sebagai playmaker mumpuni.

Namun, hanya tiga tahun kebersamaan Ozil dengan Madrid. Pada September 2013, Ozil pindah ke Arsenal dengan biaya 50 juta euro. Saat itu, nilai transfer ini menjadikan Ozil sebagai pemain Jerman paling mahal.

5. Alvaro Morata

Cukup berliku perjalanan Morata di Real Madrid. Awalnya dia tak banyak mendapat kesempatan, lalu dipinjamkan ke Juventus. Setelah kembali ke Madrid, Morata mampu mencetak 15 gol dari 26 laga La Liga di 2016/17.

Performa itu membuat Chelsea rela membayar 66 juta euro untuk memboyongnya pada musim panas 2017. Namun, Morata tak berhasil di London dan akhirnya pindah ke Juventus.

6. Angel Di Maria

Tampil apik bersama Benfica membuat Di Maria direkrut Madrid dengan biaya 25 juta euro pada Juni 2010. Namun, setelah 4 tahun di sana, pemain asal Argentina ini dijual ke Manchester United dengan biaya 75 juta euro.

Harga fantastis itu sayangnya tak bisa dibayar tuntas oleh Di Maria. Dia cuma bertahan satu musim di Old Trafford dengan torehan 4 gol dari 34 laga. Di Maria pun dijual ke PSG dengan biaya 44 juta pounds.

7. Cristiano Ronaldo

Ronaldo secara mengejutkan meninggalkan Madrid pada 2018 setelah meraih banyak prestasi kolektif dan individu di sana. Dia pindah ke Juventus dengan biaya senilai 117 juta euro yang menjadikannya sebagai penjualan termahal Madrid.

Selama bermain untuk Madrid, Ronaldo mencetak 450 gol yang menjadi rekor di Los Blancos. Kini, Ronaldo telah kembali ke klub yang telah membesarkan namanya, Manchester United.

[Aditia Rizki]

Komentar