alexametrics

Profil Hanis Saghara, Si Anak Hilang yang Kini Jadi Andalan Timnas U-23

Rauhanda Riyantama
Profil Hanis Saghara, Si Anak Hilang yang Kini Jadi Andalan Timnas U-23
Hanis Saghara saat pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-23 vs Tajikistan (dok. PSSI).

Kariernya sempat meredup, Hanis Saghara seolah kembali hingga jadi andalan Timnas Indonesia U-23.

Suara.com - Nama Hanis Saghara Putra kini tengah naik daun berkat performa apiknya bersama Timnas Indonesia U-23. Dalam sepekan belakangan, dirinya sudah mencetak gol bersama skuat Garuda Muda. 

Hanis mencetak gol saat Timnas Indoneaia U-23 tengah beruji tanding dengan Tajikistan dan Nepal. Adapun, kegiatan ini sebagai persiapan Timnas U-23 menyongsong Kualifikasi Piala Asia U-23.

Profil Hanis Saghara Putra

Hanis lahir di Sugihwaras, Bojonegoro, pada 8 September 1999. Dirinya memulai karier sepak bola mudanya bersama Persibo Bojonegoro.

Baca Juga: 5 Top Bola Sepekan: 5 Calon Pelatih yang Pantas Gantikan Guardiola di Man City

Dari tim muda itu, bakatnya terendus oleh Indra Sjafri. Nama yang disebutkan belakangan ketika itu tengah mencari pemain untuk skuat Timnas U-19.

Ketika itu, Timnas U-19 dipatok 2 target oleh PSSI: Piala AFF dan Piala Asia. Dan nama Hanis kemudian masuk jajaran.

Sebelum dua ajang itu bergulir, Hanis sempat mentas di Turnamen Toulon di Prancis. Dirinya sempat diturunkan saat menghadapi Brasil U-20 dan Skotlandia U-20 dan mencetak gol perdananya di ajang itu.

Kebersamaan Hanis bersama Timnas U-19 berlanjut. Di Piala AFF dirinya 2 kali membawa Garuda Nusantara menempati urutan ketiga pada 2017 dan 2018. Sementara di Piala Asia U-19, Hanis ikut membawa Timnas U-19 ke perempat final sebelum dikalahkan Jepang.

Setelahnya, karier Hanis meredup. Tak ada pemanggilan Timnas U-19. Bahkan, saat usianya sudah menginjak 20 tahun, Hanis juga alpa dalam beberapa turnamen karena tak dipanggil.

Baca Juga: Persita Sukses Tekuk Tira Persikabo, Widodo Berterima Kasih Pada Pemain

Beberapa turnamen yang tak diikuti oleh Hanis adalah Piala AFF U-22 dan SEA Games. Padahal pelatih skuat Timnas dalam dua ajang itu adalah Indra Sjafri.

Komentar