alexametrics

5 Kemenangan Terbesar Manchester United atas Liverpool di Liga Inggris

Rully Fauzi
5 Kemenangan Terbesar Manchester United atas Liverpool di Liga Inggris
Stadion Old Trafford di Kota Manchester. [Shutterstock]

Pertandingan North West Derby antar dua rival bebuyutan ini memang kerap berjalan ketat, namun Manchester United beberapa kali pernah menang besar.

Suara.com - Pertandingan pekan kesembilan kompetisi Liga Inggris 2021/2022 akan diwarnai dengan super big match, yakni North West Derby Manchester United vs Liverpool.

Duel Manchester United kontra Liverpool ini akan tersaji di Old Trafford, Manchester, Minggu (24/10/2021) malam ini pukul 22.30 WIB.

Duel malam ini akan menjadi  pertemuan ke-208 dalam sejarah kedua tim. Dengan kata lain, ini menjadi pertandingan klasik di Negeri Ratu Elizabeth.

Dari seluruh pertandingan yang pernah tersaji antara keduanya, Manchester United tercatat pernah beberapa kali meraih kemenangan atas sang rival bebuyutan dengan skor besar.

Baca Juga: Jelang Duel di Old Trafford, Solskjaer Terang-terangan Akui MU Tertinggal dari Liverpool

Berikut suara .com menyajikan lima kemenangan terbesar yang pernah diraih Manchester United atas Liverpool sepanjang sejarah Liga Inggris, ataupun sebelumnya saat kompetisi top-flight Inggris masih bertajuk Divisi Utama.

1. Manchester United 4-0 Liverpool

Manchester United pernah menumbangkan Liverpool dengan kemenangan telak, yakni dengan skor 4-0.

Pertandingan yang digelar pada 12 April 1952 itu menjadi salah satu kemenangan terbesar yang pernah diraih Setan Merah atas The Reds.

Momen itu tepatnya terjadi pada duel Divisi 1 di Old Trafford. Dua dari empat gol tim Setan Merah dicatatkan oleh Roger Byrne. Sementara dua lainnya dilesakkan masing-masing oleh Johnny Downie, dan Jack Rowley.

Baca Juga: Dimainkan di Posisi Mana Pun, Phil Foden Selalu Puaskan Pep Guardiola

2. Manchester United 4-0 Liverpool

Jauh sebelum kemenangan 4-0 yang dijelaskan di atas, Manchester United pernah meraih hasil serupa ketika berjumpa Liverpool.

Momen itu terjadi tepatnya pada duel yang berlangsung pada 7 September 1907 pada pertandingan Divisi 1.

Tiga dari empat gol tersebut dicatatkan melalui hattrick Jimmy Turnbul. Sementara satu lainnya dicetak oleh George Wall.

3. Manchester United 5-1 Liverpool

Duel antara Manchester United melawan Liverpool yang tersaji di Old Trafford pada 19 Desember 1963 juga menghasilkan kemenangan besar bagi tim tuan rumah.

Saat itu, skuad Manchester United sukses menghajar Liverpool yang berstatus sebagai tim tamu dengan skor 5-1.

Tiga dari lima gol MU tercipta melalui hattrick Tommy Taylor. Sedangkan dua gol lainnya disumbangkan oleh pemain debutan, Dennis Viollet dan Jackie Blanchflower.

4. Manchester United 5-0 Liverpool

Kemenangan terbesar kedua yang pernah diraih oleh Manchester United atas Liverpool ialah saat laga berakhir dengan skor 5-0.

Hasil menggembirakan itu dicatat tim Setan Merah ketika bersua The Reds pada pertandingan yang berlangsung pada 11 September 1946.

Lima gol yang dilesakkan oleh MU tercipta melalui hattrick Stan Pearson. Sementara dua gol lain disumbangkan oleh Charlie Mitten dan Jack Rowley.

5. Manchester United 6-1 Liverpool

Skor 6-1 menjadi kemenangan terbesar dalam sejarah yang pernah diraih Manchester United ketika bertanding melawan Liverpool.

Hasil ini diraih ketika skuad Setan merah berjumpa The Reds pada duel Divisi 1 yang berlangsung pada 5 Mei 1928.

Kemenangan besar ini tak terlepas dari hattrick yang dicatat oleh Bill Rawlings. Sementara dua gol disumbangkan oleh Joseph Spence, dan satu lainnya oleh Jim Hanson.

Satu-satunya gol balasan yang sukses dicetak oleh tim tamu pada duel yang digelar di Old Trafford ini dilesakkan oleh Gordon Hodgson.

[Muh Adif Setiawan]

Komentar