alexametrics

Dua Staf Pelatih Kembali Menimba Ilmu, Persija Bakal Makin Tangguh

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Dua Staf Pelatih Kembali Menimba Ilmu, Persija Bakal Makin Tangguh
Logo Persija Jakarta. [Laman resmi Persija]

Staf kepelatihan tim Macan Kemayoran diharapkan semakin mumpuni di bawah pelatih kepala Angelo Alessio.

Suara.com - Usai berlaga kontra Persebaya Surabaya dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (26/10/2021) lalu, Persija Jakarta harus ditinggal dua staf pelatihnya. Mereka adalah Ahmad Fauzi sebagai pelatih kiper dan Ilham Ralibi yang merupakan asisten pelatih fisik.

Keduanya meninggalkan Persija sementara waktu untuk mengikuti kursus kepelatihan lisensi B AFC di Karawang, Jawa Barat pada 27 Oktober hingga 10 November nanti. 

Selanjutnya kursus tersebut berlanjut ke modul dua di bulan yang sama selama dua pekan lagi. Tentu kursus ini bakal berguna untuk menambah jam terbang dua staf pelatih Persija itu.

Keikutsertaan Ilham dan Fauzi di kursus tersebut untuk menambah ilmu kepelatihan sekaligus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh PSSI di Liga 1. Adapun untuk pelatih fisik diharuskan memiliki lisensi B AFC.

Baca Juga: Taufik Hidayat Ketagihan Bikin Gol untuk Timnas Indonesia U-23

"Memang sudah peraturan dari PSSI untuk pelatih fisik, standar minimal B AFC. Jadi saat ada kesempatan seperti ini, saya ikut kursus agar memenuhi standar regulasi yang ada," kata Ilham dalam rilis resmi Persija yang diterima suara.co,, Kamis (27/10/2021).

"Selain itu saya harus terus belajar meningkatkan ilmu kepelatihan untuk membantu Persija," sambungnya.

Terkait sosok yang bertanggung jawab dengan fisik pemain, Persija masih memiliki Alberto Lungherini sebagai pelatih fisik. Oleh sebab itu, Fauzi tak khawatir meninggalkan Marko Simic dan kawan-kawan di saat kompetisi sedang berlangsung.

"Ada Alberto yang membantu saya sehingga saya tidak terlalu beban untuk meninggalkan Persija sementara waktu,"  tutur Ilham.

Sementara itu, Fauzi mengambil lisensi B AFC untuk meningkatkan lisensi yang ia punyai saat ini. Sebelumnya ia sudah mengantongi lisensi C AFC dan pelatih kiper level 1 sebagai syarat minimal pelatih kiper di Liga 1.

Baca Juga: Bayern Dipermak 0-5 meski Tampil Full Team, Salihamidzic: Bak Petir di Siang Bolong

Komentar