alexametrics

Profil Josh Cavallo, Pesepakbola Australia yang Blak-blakan Ngaku Gay

Rully Fauzi
Profil Josh Cavallo, Pesepakbola Australia yang Blak-blakan Ngaku Gay
Pemain Adelaide United, Josh Cavallo. [Handout / ADELAIDE UNITED FOOTBALL CLUB / AFP]

Cavallo tercatat jadi satu-satunya pemain gay yang aktif di dunia sepakbola profesional saat ini, atau setidaknya yang mengakui hal tersebut.

Suara.com - Dunia sepakbola dikejutkan dengan pengakuan Josh Cavallo. Pemain berpaspor Australia itu blak-blakan mengaku jika dirinya gay alias menyukai sesama lelaki.

Cavallo, pemain berusia 21 tahun yang bermain untuk klub elite Liga Australia Adelaide United, mengakui jika dirinya adalah seorang homoseksual dan menyerukan adanya kesetaraan hak dalam dunia sepakbola.

Wajar saja memang jika pengakuan Cavallo pada Kamis (28/10/2021) ini jadi menggemparkan. Pasalnya, eks pemain Timnas Australia U-19 itu tercatat jadi satu-satunya pemain gay yang aktif di dunia sepakbola profesional saat ini, atau setidaknya yang mengakui hal tersebut.

Cavallo mengungkapkan bahwa dirinya lelah karena telah menyembunyikan jati dirinya yang sebenarnya selama kariernya sejauh ini.

Baca Juga: Duh! Ander Herrera Dirampok PSK di Mobil, Dompet dan Ponsel Melayang

Pemain yang fasih bermain sebagai gelandang tengah dan bek sayap itu mengaku telah lama menutupi jati dirinya usai bergulat dengan seksualitasnya selama lebih dari enam tahun.

Cavallo sendiri mengakui dirinya sebagai gay lewat sebuah video dan surat terbuka yang ia unggah lewat media sosial pribadinya.

Dalam pengakuannya, pemilik nama lengkap Joshua John Cavallo ini akhirnya merasa nyaman untuk berbicara, dan berharap dirinya akan membuka jalan bagi para pemain gay lainnya di dunia sepakbola untuk tak sungkan membuka diri.

Harapan ini dilandasi fakta bahwa ketertarikan seksual sesama jenis masih menjadi hal yang tabu di sepakbola dewasa ini.

Pasalnya, masih banyak pandangan negatif yang menghampiri pesepakbola gay sehingga mereka tak berani terbuka akan orientasi seksualnya, saat masih aktif bermain.

Baca Juga: Legenda Peringatkan Liverpool Tak Usah Buru-buru Perpanjang Kontrak Salah

"Ada sesuatu yang personal yang harus saya bagikan ke semua orang. Saya adalah pesepakbola dan saya adalah gay," ucap Josh Cavello seperti dilansir B/R Football, Kamis (28/10/2021).

"Ini adalah perjalanan untuk tiba di titik ini, tapi saya tak bisa lebih bahagia dengan pengakuan saya."

"Saya telah berjuang untuk ketertarikan seksual saya selama enam tahun, dan saya bahagia bisa menuntaskannya," lanjut Cavello.

Pengakuan Cavello ini sendiri tak disangka mendapat respons positif dari banyak pihak. Salah satunya adalah bek milik Barcelona, Gerard Pique.

Lewat akun Twitter-nya, Pique memuji keberanian Cavello buka suara sekaligus berterima kasih karena telah membuat sepakbola melangkah ke depan.

Lantas, siapakah sosok Josh Cavello?

Profil Josh Cavello

Josh Cavello lahir dengan nama lengkap Joshua John Cavello pada tanggal 13 November 1999 silam di East Bentleigh, Victoria, Australia.

Karier sepakbolanya dimulai di Kota Melbourne, di mana ia bermain untuk dua tim kota tersebut, yakni Melbourne Victory FC Youth dan Melbourne City FC Youth.

Setelah menimba ilmu di kota Melbourne hingga kontraknya berakhir pada akhir musim 2018/2019, Josh Cavallo hijrah ke Western United.

Ia bergabung Western United pada Juni 2019 dan baru melakukan debut seniornya pada Januari 2020 dengan menghadapi mantan timnya, Melbourne City FC.

Kariernya di Western United pun terbilang singkat. Pemain yang juga memiliki paspor Malta ini pun hengkang dari klub tersebut pada Februari 2021.

Tak butuh waktu lama, Josh Cavallo langsung mendapat tawaran dari Adelaide United berupa kontrak jangka pendek.

Tiga bulan berselang setelah merapat pada 18 Februari 2021, Josh Cavallo mendapat perpanjangan kontrak berdurasi dua tahun dari Adelaide United setelah ia membuat 18 penampilan.

Bersama Adelaide United, ia tampil sebagai bek kiri dan gelandang. Kemampuannya menempati beragam posisi ini membuat Josh Cavallo menjadi andalan tim kompetisi top-flight Australia A-League tersebut.

Selain menjadi andalan di level klub, Josh Cavallo juga sempat menjadi andalan untuk negara kelahirannya, Australia.

Josh Cavallo pernah membela Timnas Australia U-19 yang bermain di Piala AFC U-19 pada 2018 silam.

Namun memang hingga saat ini, Cavallo belum mencatatkan cap untuk Timnas Australia di level senior.

[Zulfikar Pamungkas / Rully Fauzi]

Komentar