alexametrics

Brasil vs Kolombia: Menang Tipis, Selecao Lolos ke Piala Dunia 2022

Arief Apriadi
Brasil vs Kolombia: Menang Tipis, Selecao Lolos ke Piala Dunia 2022
Pemain timnas Brasil Lucas Paqueta (tengah) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya Vinicius Junior (kiri) dan Neymar setelah mencetak gol melawan Kolombia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan (Conmebol) di Neo Quimica Arena, sebelumnya dikenal sebagai Arena Corinthians, di Sao Paulo , Brasil, pada Jumat (12/11/2021). NELSON ALMEIDA / AFP.

Brasil jadi negara Amerika Selatan pertama yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Suara.com - Timnas Brasil terus mempertahankan laju tak terkalahkan mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan (Conmebol). Teranyar, mereka menang atas Kolombia, Jumat (12/11/2021).

Dalam pertandingan di Neo Quimica Arena, Sao Paulo, Selecao --julukan timnas Brasil-- mengalahkan tamunya dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang timnas Brasil di laga ini diciptakan oleh Lucas Paqueta yang memanfaatkan umpan dari bintang Paris Saint-Germain (PSG), Neymar pada menit ke-72.

Kemenangan ini membuat Brasil jadi negara Amerika Selatan pertama yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Jerman Tampil Buas, Hansi Flick Cetak Tinta Emas

Mereka jadi tim keempat setelah Qatar, Jerman, dan Denmark yang sudah lebih dulu menggenggam tiket ke putaran final.

Neymar dan kawan-kawan kini telah mengumpulkan 34 poin dari 12 laga dengan rincian 11 kemenangan dan sekali imbang.

Meski masih menyisakan enam laga lagi, poin Brasil dipastikan tidak mungkin terkejar oleh Uruguay yang saat ini duduk di peringkat keenam dengan koleksi 16 poin dan masih memiliki enam laga untuk dimainkan.

Secara matematis, Uruguay masih bisa menyamakan poin Brasil saat ini, 34, dalam enam laga kedepan, tetapi mereka tak mungkin lagi melampaui posisi Selecao lantaran tertinggal jauh dalam selisih gol dan kalah head-to-head.

Pada pertemuan pertama di Arena da Amazonia, Manaus, 14 Oktober 2021 lalu, Brasil mengalahkan Uruguay dengan skor telak 4-1.

Baca Juga: Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Terkini: Posisi Spanyol dan Portugal Belum Aman

Sementara Chile dan Kolombia yang berturut-turut duduk di peringkat keempat dan kelima pun secara matematis sudah tak mungkin melewati poin Brasil saat ini.

Komentar