alexametrics

Persipura Jayapura Batalkan Kemenangan PSM Makassar di Stadion Sultan Agung

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Persipura Jayapura Batalkan Kemenangan PSM Makassar di Stadion Sultan Agung
Para pemain Persipura Jayapura. [ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi]

PSM Makassar dan Persipura Jayapura bermain sama kuat 1-1.

Suara.com - Pertandingan antara PSM Makassar vs Persipura Jayapura dalam lanjutan BRI Liga 1 2021/2022 berakhir dengan skor imbang 1-1, Sabtu (27/11/2021). Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, kedua tim gagal mengamankan tiga poin dan harus puas mengantongi tambahan satu poin.

Bagi PSM, perolehan satu poin ini memperpanjang rekor gagal menang mereka di empat pertandingan. Kini, Wiljan Pluim dan kawan-kawan menempati posisi sembilan dengan perolehan 18 poin dari 14 laga.

Sementara bagi Persipura, tambahan satu poin belum cukup untuk mengeluarkan mereka dari zona degradasi. Menangtongi sembilan poin, Persipura saat ini berada di posisi 17.

Persipura saat ini berjarak tiga poin dari Persela Lamongan yang ada di posisi 15, atau titik aman dari degradasi.

Baca Juga: Bungkam Newcastle United, Arsenal Bertahan di Lima Besar Klasemen Liga Premier

Kedua tim yang sama-sama mengincar kemenangan saling serang sejak awal pertandingan. PSM dan Persipura sama-sama bermain terbuka demi mencetak gol.

PSM mencetak gol lebih dulu pada menit ke-13 melalui titik putih. Anco Jansen yang maju sebagai algojo sukses membobol gawang Fitrul Dwi.

Persipura baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-33. Gol Persipura dicetak oleh Yohanes Pahabol melalui tendangan langsung dari sisi kanan ke gawang PSM yang dikawal oleh Hilman Syah.

PSM yang menguasai jalannya pertandingan, terus memberikan tekanan di babak pertama. Namun, hingga turun minum skor 1-1 tidak berubah.

Di babak kedua Persipura bermain lebih terbuka. Beberapa kali Pahabol dan kawan-kawan membahayakan gawang PSM Makassar, meski belum berbuah gol.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-18 Libas Lawan di Tiga Laga, Shin Tae-yong Keluhkan Fisik Pemain

Serangan-serangan Mutiara Hitam selalu bisa dipatahkan pemain belakang PSM. Sulit bagi Persipura, yang memang lebih banyak mengandalkan operan-operan jarak jauh, untuk membongkar pertahanan PSM.

Sementara PSM di babak kedua ini bukan tanpa serangan. Justru serangan berbahaya datang dari Juku Eja --julukan PSM-- karena mereka menunggu momen yang pas untuk melancarkan serangan.

Namun demikian, hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-1 tetap bertahan.

Susunan Pemain:

PSM Makassar: Hilman Syah; Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw; Serif Hasic (Erwin Gutawa 61'), Abdul Rahman, M Arfan, Rasyid Assahid Bakri (Sutanto Tan 71'), Willem Jan Pluim; Yakob Sayuri (Saldi 71'), Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn (Yance Sayuri 46').

Pelatih: Syamsuddin Batola.

Persipura Jayapura: Fitrul Dwi Rustapa; David Rumakiek, Israel Wamiau, Brian Fatari, M Tahir; Nelson Alom, Takuya Matsunaga (Kristof Yoku 85'), Hedipo Gustavo; Elisa Basna (Joshua Isir 77'), Yevhen Bokhashvili, Ferinando Pahabol.

Pelatih: Angel Alfredo Vera.

Komentar