facebook

Shin Tae-yong Tunjuk Evan Dimas sebagai Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Shin Tae-yong Tunjuk Evan Dimas sebagai Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF
Pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas tiba di Singapura (dok. PSSI)

Shin Tae-yong juga memastikan tidak akan menggunakan ban kapten warna pelangi.

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memilih Evan Dimas Darmono sebagai kapten tim selama mengarungi Piala AFF 2020. Sementara terkait kebijakan soal ban kapten, Shin Tae-yong memastikan timnya tidak akan menggunakan warna pelangi.

Seperti diketahui, warna pelangi di ban kapten Timnas Thailand dan Myanmar menjadi perdebatan. Pasalnya, warna tersebut identik dengan dukungan terhadap komunitas LGBT.

"Kapten pertama Timnas Indonesia adalah Evan Dimas dan wakilnya adalah Asnawi (Mangkualam)," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Rabu (8/12/2021).

Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono saat jumpa pers sehari jelang menghadapi Taiwan di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Buriram, Thailand (dok. PSSI).
Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono saat jumpa pers sehari jelang menghadapi Taiwan di play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Buriram, Thailand (dok. PSSI).

Shin Tae-yong mengatakan akan mencari warna yang cocok untuk ban kapten. Juru taktik asal Korea Selatan tersebut bahkan baru menyadari ban kapten yang dikenakan oleh Thailand dan Myanmar bermotif pelangi.

Baca Juga: Kamboja Belum Mampu Tundukkan Timnas Indonesia di 16 Laga, Ryu Hirose Tidak Gentar

"Untuk masalah itu sebenarnya baru pertama kali dapat informasi ya, untuk ban kapten. Jadi belum pernah lihat juga tiga warna apa saja ban kapten itu," terang Shin Tae-yong.

"Jadi setelah ini mungkin harus mempertimbangkan apa yang harus dipakai dan apa warna yang mungkin cocok dengan jersey kita. Mungkin nanti akan bisa langsung melihat saat pertandingan," ungkapnya.

Sebelumnya, ketua umum PSSI Mochamad Iriawan juga telah mengungkap Timnas Indonesia tidak akan mengikuti jejak Thailand dan Myanmar. Pasalnya, budaya Indonesia dengan kedua negara tersebut berbeda.

"Ya itu kan, hak masing-masing tim, klub atau negaranya silakan saja kalau mau pakai atau tidak," ujar Iriawan beberapa waktu lalu.

"(Indonesia) tidak akan pakai. Saya telepon nanti ke Indra Sjafri (Direktur Teknik). Kami putuskan tidak akan pakai. Kalau negara lain silahkan, kan budayanya beda," pungkasnya.

Baca Juga: Cadangkan Elkan Baggott, Shin Tae-yong: Saya Beri Dia Waktu Istirahat

Pada Piala AFF 2020 Indonesia berada di grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Skuad Merah Putih akan melawan Kamboja lebih dulu pada 9 Desember mendatang.

Setelah itu menghadapi Laos pada 12 Desember, dan melawan Vietnam tiga hari kemudian. Sementara Malaysia, akan menjadi lawan keempat Timnas Indonesia pada 19 Desember 2021.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar