alexametrics

Indonesia Diragukan Lolos Fase Grup Piala AFF 2020, Begini Komentar Shin Tae-yong

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Indonesia Diragukan Lolos Fase Grup Piala AFF 2020, Begini Komentar Shin Tae-yong
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [dok. PSSI]

Malaysia dan Vietnam diprediksi bakal lolos dari Grup B Piala AFF 2020, dan bukan Indonesia.

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sadar banyak yang meragukan tim asuhannya lolos ke semifinal Piala AFF 2020 karena berada satu Grup dengan Vietnam dan Malaysia.

Namun, juru taktik asal Korea Selatan itu percaya diri Timnas Indonesia bisa lolos dari Grup B. Ia mengatakan skuad Garuda sudah mengalami banyak perubahan dari sebelumnya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berada satu grup dengan Vietnam dan Malaysia, yaitu Grup B. Selain itu, ada Kamboja dan Laos.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin anak asuhannya berlatih di  di Stadion Bukit Gombak, Jumat (3/12/2021) (dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin anak asuhannya berlatih di di Stadion Bukit Gombak, Jumat (3/12/2021) (dok. PSSI)

"Memang banyak yang berpikir Vietnam dan Malaysia yang akan lolos dari fase grup ini, tetapi seperti apa yang tadi dibicarakan, bola itu bundar. Jadi memang kalau banyak orang berpikir seperti itu ya mau gimana," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Timnas Indonesia Tanpa Egy Maulana Vikri, Pelatih Kamboja Tetap Waspada

"Tetapi kalau lihat hasilnya pasti akan bisa merasakan sepak bola Indonesia banyak berubah dan ada perkembangannya. Saya sangat yakin untuk itu," tambah pelatih 52 tahun tersebut.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong merasa banyak perubahan yang diperlihatkan skuad Garuda. Dari segi mental hingga pengalaman yang bisa bersaing dengan tim-tim lain seperti Vietnam dan Malaysia.

"Mentalnya (pemain) semakin jadi baik. Kalau pengalaman pun semakin banyak juga untuk pemain kita, dan saya sendiri pun tidak ada grogi sama sekali setelah datang ke Piala AFF," terangnya.

"Saya juga percaya pemain-pemain Indonesia pasti bisa melakukan permainan yang baik, dan ada perkembangan juga untuk mental-mental pemain. Jadi untuk itu saya sangat bahagia, dan melalui turnamen ini saya yakin kita bisa dapat prestasi yang baik," pungkasnya.

Di Piala AFF 2020 Skuad Merah Putih akan melawan Kamboja di laga perdana pada 9 Desember mendatang. Setelah itu menghadapi Laos pada 12 Desember, dan Vietnam tiga hari setelahnya.

Baca Juga: Tak Hanya Ikhsan Fandi, Ini 3 Anak Fandi Ahmad yang Perkuat Timnas Singapura di Piala AFF

Lalu, di laga pamungkas Grup B Timnas Indonesia bakal bersua Malaysia pada 19 Desember 2021. Timnas Indonesia diharapkan meraih gelar juara dalam turnamen ini.

Komentar